Lagi, Diva Arsitektur Ini Mendapat Penghargaan Bergengsi

Kompas.com - 23/08/2014, 18:02 WIB
Hadid secara resmi telah menandatangani perjanjian untuk mendesain gedung parlemen negara itu di Baghdad. http://www.independent.co.ukHadid secara resmi telah menandatangani perjanjian untuk mendesain gedung parlemen negara itu di Baghdad.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Diva arsitektur dunia, Zaha Hadid, kembali mendapat anugerah, gelar kehormatan atas prestasinya dalam menghasilkan karya fenomenal, dan tak jarang juga kontroversial.

Gelar kehormatan tersebut berupa Honorary Degree by Goldsmiths, yang diberikan Universitas London, Inggris. Penganugerahan secara resmi rencananya dilakukan bulan September mendatang.

Universitas London, mendeskripsikan Zaha Hadid sebagai salah satu praktisi seni arsitektur yang paling berbakat abad ini.  Zaha juga dinilai berhasil melakukan pendekatan inventif, dan keinginan untuk menantang konvensi, serta mendorong batas-batas arsitektur dan desain perkotaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekretaris Goldsmiths, Liz Bromley, mengatakan, penerima penghargaan tahun ini adalah kelompok yang luar biasa dan sangat berbakat. Mereka telah mengubah masyarakat melalui desain arsitektur yang inspiratif.

"Mereka telah menunjukkan kekonyolan dunia melalui pendekatan arsitektur dan semuanya membuat kami tertawa. Mereka telah menginspirasi kami dengan kata-kata mereka, musik mereka, dan seni mereka. Mereka telah berjuang untuk hak-hak kami. Dan mereka telah membantu kita memahami siapa kita sekarang dengan melihat ke masa lalu," papar Bromley.

Inilah saatnya, tambah Bromley, dunia merayakan prestasi mereka. "Kami telah mengundang mereka untuk bergabung dengan keluarga Goldsmiths dan akan menyambut mereka ke dalam komunitas kami. Mereka sekarang akan menjadi bagian dari sebuah institusi yang membanggakan diri pada pemberdayaan individu dari semua lapisan masyarakat untuk menjadi visioner, seperti mereka," tandas Bromley.

Sebelumnya, Zaha telah mendapat beberapa penghargaan bergengsi dan prestisius, antara lain Pritzker Architecture Prize, Stirling Prize, dan Structural Steel Design Awards.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.