Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Piala Dunia Qatar 2022 Bukan "Vagina"!

Kompas.com - 26/11/2013, 10:27 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Diva arsitek dunia, Zaha Hadid, menampik tudingan kontroversial bahwa desainnya untuk Stadion Al Wakrah di Qatar merepresentasikan bentuk alat kelamin perempuan, vagina.

Menurut Hadid, tudingan tersebut tidak masuk akal, bahkan mendiskreditkan jender tertentu.

"Benar-benar memalukan bahwa mereka bisa muncul dengan omong kosong seperti ini. Apa yang mereka katakan? Segalanya dengan lubang adalah vagina? Benar-benar bodoh," ungkapnya pada majalah TIME, seperti dikutip dalam Dezeen.com.

Hadid pun seperti menambahkan bahwa komentar seperti ini tampaknya tidak akan muncul jika arsitek yang merancangnya bukan dia, melainkan seorang laki-laki.

"Jujur saja, tidak akan muncul komentar ini jika seorang laki-laki yang melaksanakan proyek ini...." Sayangnya, Hadid tidak menyelesaikan kalimat tersebut.

Dalam jagat maya, komentar mengenai karya Hadid ini memang berhamburan. Stadion yang akan menjadi pusat perhatian pada Piala Dunia 2022 mendatang sudah mulai terkenal pada 2013.

Stadion dengan 40.000 tempat duduk tersebut sebenarnya ditujukan agar mirip dengan kapal pemancing Arab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com