"Dadu", Furnitur Multifungsi dari Tripleks

Kompas.com - 14/08/2014, 10:46 WIB
Torafu Architects mendesain furnitur multifungsi untuk anak dan dewasa. Pengguna furnitur tersebut bisa membolak-balik furnitur tersebut untuk mendapatkan posisi yang mereka inginkan. Yosuke OwashiTorafu Architects mendesain furnitur multifungsi untuk anak dan dewasa. Pengguna furnitur tersebut bisa membolak-balik furnitur tersebut untuk mendapatkan posisi yang mereka inginkan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Material sederhana bisa menghasilkan berbagai furnitur dalam bentuk menarik. Salah satu contohnya adalah furnitur karya studio arsitektur asal Jepang, Torafu Architects.

Torafu membuat furnitur bernama "Dice" dari tripleks yang cukup tebal. Bagian pinggir-pinggir tripleks dilengkapi dengan pengaman karet.

Menariknya, pemilihan nama "Dice" atau yang berarti dadu, ternyata sesuai dengan karakter furnitur tersebut. Furnitur dengan enam sisi itu bisa digunakan untuk tiga fungsi, tergantung dari arah hadapnya.

"Kami merancang sebuah perabot dengan beberapa posisi istirahat yang dapat digunakan oleh anak-anak sampai mereka mencapai usia dewasa, dengan menggulingkannya lebih seperti dadu," ujar para desainer Torafu dalam situs resminya.

Setiap "Dice" menawarkan tiga posisi bagi penggunanya. Posisi pertama bisa digunakan oleh anak kecil. Posisi ini mirip dengan meja di ruang kelas yang terhubung dengan kursinya.

Posisi kedua mirip dengan dingklik yang bisa digunakan orang dewasa. Posisi ketiga disebut dengan "rak sisi". Sesuai namanya, posisi ini membuat "Dice" bisa digunakan sebagai rak buku.

"Furnitur multiguna ini bisa digunakan dalam tiga cara berbeda. Tergantung di sisi mana furnitur tersebut diistirahatkan," kata para desainer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Torafu menekankan, hasil karya mereka tersebut merupakan cara untuk menghindari keterbatasan yang ada pada furnitur pada umumnya. Para desainer yang tergabung dalam Torafu percaya bahwa mereka telah menciptakan furnitur multifungsi yang bisa digunakan sebagai "sobat" dalam berbagai tahap kehidupan seseorang.

Torafu Architects menawarkan dua desain "Dice". Meski bentuknya serupa, kedua furnitur yang dibuat dari tripleks ini tersedia dalam warna pastel dengan mengaman ujung dari karet, serta warna lebih tua dengan pengaman ujung berwarna kuning.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X