Di Kebun Binatang Ini, Hewan dan Manusia Bisa Hidup Berdampingan

Kompas.com - 31/07/2014, 18:01 WIB
Givskud Zoo di Denmark BIGGivskud Zoo di Denmark
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur BIG secara resmi mengungkapkan rencananya merenovasi kebun binatang Givskud Zoo di Denmark. Perusahaan tersebut menamai kebun binatang ini dengan Zootopia.

Menariknya, Zootopia berbeda dengan kebun binatang lain di dunia yakni memungkinkan  hewan-hewan di dalamnya berkeliaran secara bebas dan bisa hidup "berdampingan" dengan manusia.

"Ini adalah impian kami, dengan Givskud, untuk menciptakan kemungkinan terbaik dan lingkungan terbebas bagi kehidupan hewan dan hubungan dengan hewan lain serta pengunjung," ujar BIG, seperti dikutip Dezeen.

Dalam sumber yang sama disebutkan, taman ini akan terbagi menjadi tiga zona berbeda. Masing-masing zona akan merepresentasikan tiga keadaan alam berbeda di tiga benua, yaitu Asia, Afrika, dan Amerika.

Sebagai contoh, panda akan diberikan tempat tinggal dari bambu. Sementara, beruang akan tinggal di antara bongkahan kayu, dan gajah akan tinggal di lahan berbukit-bukit, tidak jauh dari sawah. BIG juga menamai beberapa lokasi dengan "savannah craters" untuk jerapah dan zebra, "lion hill" untuk singa, dan "penguin rock enclosure" untuk pinguin.

BIG tidak sekadar meniru bangunan-bangunan vernakular dari tiap daerah. Mereka berupaya mengintegrasikan dan menyembunyikan bangunan-bangunan yang ada di kawasan kebun binatang ini.

"Kami ingin membangun tempat tinggal binatang-binatang yang dibuat secara khusus bagi mereka dan di saat yang sama, memiliki kualitas seasli lingkungan asal mereka," imbuh BIG.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tengah-tengah kebun binatang akan terdapat lingkaran besar. Dari sana, pengunjung bisa terbang melintasi area Amerika, mengendarai sepeda melintasi area Afrika, atau berlayar melintasi Asia.

Kiini renovasi kebun binatang tersebut masih dalam proses. Belum pasti kapan proyek menarik yang diketuai oleh Nanna Gyldholm Møller ini selesai. Namun, selama masa renovasi, kebun binatang tersebut masih beroperasi seperti biasa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X