Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasad Perunggu, Pembungkus Unik Stadion Baru Perth

Kompas.com - 23/07/2014, 12:34 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai langkah terbaru dalam pengembangan kawasan olahraga baru di Perth, Stadion Perth akan hadir dengan kapasitas 60.000 kursi. Proyek ini disusun oleh tim terdiri dari COX arsitektur, arsitek HKS, Arup, serta Hassell Studio sebagai sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Brookfield Multipleks (desain dan konstruksi), John Laing (investor dan manajemen aset), dan Brookfield Johnson (manajemen fasilitas).

Arena olahraga tersebut dirancang sebagai lima struktur bangunan berjenjang dengan 85 persen bagian teratasnya diri tempat duduk. Hal paling unik adalah fasad perunggu yang membungkus sebagian besar atap melingkarnya sebagai cara untuk mencerminkan geologi Australia barat dan memberikan identitas visual untuk kompleks olahraga ini. Sementara interiornya, lampu LED akan menerangi shading kanopi putih di malam hari dan ini terkait erat dengan warna tim tuan rumah.

www.designboom.com Arena olahraga tersebut dirancang sebagai lima struktur bangunan berjenjang dengan 85 persen bagian teratasnya diri tempat duduk.
Fasilitas tersebut disiapkan untuk menjadi tuan rumah berbagai acara, termasuk Aussie Rules (Sepakbola Gaya Australia), sepak bola, kriket, konser musik dan sebagainya. Stadion ini juga akan menjadi rumah bagi tim rugby dan Australian Football League (AFL).

Rencananya, stadion tersebut akan dibangun di semenanjung Burswood di samping Swan River. Skemanya menawarkan banyak lanskap bervegetasi dan menghubungkan stasiun angkutan umum.

www.designboom.com Fasilitas tersebut disiapkan untuk menjadi tuan rumah berbagai acara, termasuk Aussie Rules (Sepakbola Gaya Australia), sepak bola, kriket, konser musik dan sebagainya. Stadion ini juga akan menjadi rumah bagi tim rugby dan Australian Football League (AFL).
"Desainnya memenuhi persyaratan untuk kelas dunia, karena ini akan menjadi stadion serba guna. Fasilitas ini tidak hanya akan memberikan penggemar pengalaman yang luar biasa, tetapi juga akan rekreasi yang megah," ujar Premier of Western Australia, Colin Barnett. 

Adapun anggaran untuk pengerjaan proyek ini senilai 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 460 miliar.

www.designboom.com Adapun anggaran untuk pengerjaan proyek ini senilai 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 460 miliar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com