Kompas.com - 26/07/2014, 12:46 WIB

KOMPAS.com - Jendela sebenarnya bukan bagian dari rumah yang paling sulit dibersihkan. Namun, dengan segala kesibukan pemilik rumah, jendela seringkali terlupakan.

Karena itu, sembari menunggu tibanya keluarga Anda di rumah, sebelum merayakan Lebaran bersama, lakukan lima langkah mudah ini untuk membersihkan kaca jendela dengan sempurna.

 
Anda membutuhkan ember, spons, squeegee, dan dua hingga empat kain bersih. Anda juga bisa menyiapkan cuka putih, botol spray, dan tepung jagung. Ketiga hal ini opsional, namun tidak ada salahnya Anda siapkan.
 
Pertama, pilihlah solusi pembersih yang biasa Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan solusi alami dengan mencampurkan air hangat dan cuka putih (1:1), serta menambahkan beberapa sendok teh tepung jagung untuk mengilapkan kaca. Tuangkan campuran ini dalam botol spray untuk penggunaan di dalam rumah dan masukkan sisanya ke dalam ember untuk digunakan di luar rumah.
 
Namun, jika perlu dengan cepat membersihkan jendela, Anda tidak perlu memasukkan botol spray dan gunakan saja ember dan spons untuk membersihkan bagian dalam dan luar rumah.
 
Langkah kedua, bila memungkinkan, lepaskan juga penutup jendela. Melepaskan penutup yang dibuat dari kayu bisa memudahkan Anda membersihkan jendela. Namun, hal ini tidak perlu dilakukan jika Anda sudah merasa leluasa membersihkan jendela.
 
Ketiga, semprotkan pembersih kaca di bagian dalam jendela. Kemudian, bersihkan kaca dengan squeegee. Pastikan alat ini menutup seluruh permukaan kaca dari bagian atas hingga bagian bawah. Agar hasilnya lebih bersih, keringkan squeege  dengan kain bersih setiap selesai menyerok satu bagian.
 
Keempat, gunakan spons untuk membersihkan bagian luar jendela. Masukkan spons ke dalam ember berisi solusi pembersih, kemudian bersihkan kaca dengan spons tersebut. Jika Anda menggunakan solusi pembersih alami, cuka yang terkandung di dalamnya akan memecah kotoran.

Gosok permukaan kaca, kemudian gunakan squeegee untuk membersihkan air, dari bagian atas sampai ke bawah. Jika Anda melihat noda air, bersihkan titik tersebut dengan cara menyemprotkan solusi pembersih dan lap dengan kain bersih.

 
Kelima, cek kembali bagian-bagian pojok jendela, serta bagian bawah jendela. Terkadang, pertemuan antara keca dan rangka kayu akan mengumpulkan banyak air dan kotoran. Maka, setelah membersihkan kaca, pastikan bagian ini juga dibersihkan dan dikeringkan menggunakan kain bersih. Hal ini akan mencegah jamur dan kerusakan akibat air.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber brightness
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.