Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Bikin Rumah Gelap Jadi Terang

Kompas.com - 06/05/2014, 08:01 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Cara mudah membuat interior rumah lebih terang, tentu saja dengan menambah akses masuk sinar matahari ke dalam rumah. Anda bisa membuat lebih banyak jendela, skylight  atau "jendela" di plafon. Jika tidak mungkin menambah jendela, Anda bisa melakukan beberapa alternatif lain. Berikut ini contohnya.

Domino dan Brittany Ambridge / Domino Salah satu cara membuat rumah lebih terang adalah menambahkan cermin yang bisa memantulkan cahaya. Sementara, membuat rumah lebih "cerah" bisa dilakukan dengan memajang hal-hal menyenangkan.
Pertama, pilih warna dinding yang terang. Warna putih memiliki nuansa yang berbeda-beda. Cari nuansa (shade) yang paling cocok untuk rumah Anda. Jangan lupa, warnai juga plafon dengan warna putih.

Setelah melapisi sebagian besar dinding rumah dengan warna putih, hias dinding tersebut. Daripada memajang lukisan, gambar, atau foto bernuansa kelam, pilih karya-karya bertema dan berwarna menyenangkan seperti tema pantai.

Selanjutnya, gunakan lemari-lemari tanpa pintu untuk menambahkan "kedalaman" di dapur. Namun, dengan meniadakan pintu lemari, Anda membuat siapa pun bisa melihat isi lemari dapur. Jika ingin membuat dapur tetap bernuansa terang, gunakan alat-alat makan berwarna putih atau tembus pandang.

Keempat, gunakan cermin. Cermin bisa memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih terang. Di saat yang sama, cermin juga bisa membuat ruangan terasa lebih besar.

Sarah Sherman Samuel / Smitten Studio dan Domino Menggunakan keramik sebagai penutup dinding juga ide yang menarik dalam membuat interior rumah lebih terang.
Kelima, gunakan keramik bergaya subway di dapur Anda sebagai backsplash. Pilih warna putih agar ruangan tidak tampak semakin kecil. Jika ingin lebih menarik, gunakan warna abu-abu. Finishing keramik yang mengilap juga membuat dapur Anda menyebarkan lebih banyak cahaya.

Terakhir, hiaslah rumah Anda dengan furnitur akrilik. Furnitur semacam ini tembus pandang, jadi ruangan tidak terasa sempit. Akrilik pun tidak menutup cahaya. Selain itu, tambahkan pula hiasan di dalam rumah dengan bahan mengilap. Lampu bertudung kuningan, misalnya, sangat menarik sebagai aksen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com