Cara Kilat Membuat Rumah Bersih dan Rapi

Kompas.com - 09/07/2014, 11:38 WIB
Bayangkan furnitur di ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur di rumah Anda. Untuk mendapatkan suasana yang lebih segar, tukar penempatan barang-barang dengan fungsi serupa. www.houzz.comBayangkan furnitur di ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur di rumah Anda. Untuk mendapatkan suasana yang lebih segar, tukar penempatan barang-barang dengan fungsi serupa.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Perayaan hari besar di Indonesia bukan hanya kesempatan untuk merayakan kepercayaan yang dianut masing-masing penduduk. Di negara ini, hari istimewa seperti Ramadhan, dan Lebaran adalah kesempatan emas untuk saling berkunjung.

Biasanya, kegiatan bersilaturahim pun dilaksanakan di salah satu rumah anggota keluarga yang dituakan. Sayangnya, tidak semua orang punya banyak waktu untuk mempersiapkan rumahnya.

Berikut ini lima hal sederhana yang bisa Anda berikan perhatian ekstra sebagai tuan rumah. Pasalnya, tamu-tamu Anda akan segera menyadari jika lima hal ini kotor atau tampak tidak terawat.

Pertama, berikan perhatian ekstra pada rangka pintu. Pada rumah berukuran kecil, percakapan akan dilakukan di antara ruangan. Pintu rumah, pintu kamar, dan pintu yang membatasi dapur dengan ruang keluarga akan menjadi "lokasi panas" tempat percakapan berlangsung. Karena itu, daripada membiarkan tamu Anda merasa tidak nyaman, segera bersihkan lokasi ini.

Kedua, perhatikan juga handel pintu dan area di sekitarnya. Terutama, jika anak kecil tinggal di rumah Anda atau kedatangan tamu anak kecil. Pasalnya, anak-anak sangat jarang membersihkan tangannya sebelum membuka pintu. Sisa coklat, minyak, dan sisa makanan lain bisa mengotori gagang pintu rumah dan kamar Anda.

Selain pintu kamar, perhatikan juga gagang pintu lemari es. Titik ini paling mudah kotor.

Selanjutnya, segera bersihkan lorong-lorong dan bagian dinding di tangga rumah Anda. Jika Anda ingin mengecat rumah, segera beri perhatian lebih pada kedua bagian ini terlebih dahulu.

Terakhir, pastikan tempat menyimpan peralatan makan dan centong memasak Anda bersih. Tentu saja, pastikan juga alat makan dan alat masaknya dalam keadaan bersih. Hal-hal sederhana seperti ini yang bisa membekas bagi tamu rumah Anda. Jika hal-hal ini bersih, rumah Anda terasa resik, dan nyaman.


Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X