Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kilat Membuat Rumah Bersih dan Rapi

Kompas.com - 09/07/2014, 11:38 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Perayaan hari besar di Indonesia bukan hanya kesempatan untuk merayakan kepercayaan yang dianut masing-masing penduduk. Di negara ini, hari istimewa seperti Ramadhan, dan Lebaran adalah kesempatan emas untuk saling berkunjung.

Biasanya, kegiatan bersilaturahim pun dilaksanakan di salah satu rumah anggota keluarga yang dituakan. Sayangnya, tidak semua orang punya banyak waktu untuk mempersiapkan rumahnya.

Berikut ini lima hal sederhana yang bisa Anda berikan perhatian ekstra sebagai tuan rumah. Pasalnya, tamu-tamu Anda akan segera menyadari jika lima hal ini kotor atau tampak tidak terawat.

Pertama, berikan perhatian ekstra pada rangka pintu. Pada rumah berukuran kecil, percakapan akan dilakukan di antara ruangan. Pintu rumah, pintu kamar, dan pintu yang membatasi dapur dengan ruang keluarga akan menjadi "lokasi panas" tempat percakapan berlangsung. Karena itu, daripada membiarkan tamu Anda merasa tidak nyaman, segera bersihkan lokasi ini.

Kedua, perhatikan juga handel pintu dan area di sekitarnya. Terutama, jika anak kecil tinggal di rumah Anda atau kedatangan tamu anak kecil. Pasalnya, anak-anak sangat jarang membersihkan tangannya sebelum membuka pintu. Sisa coklat, minyak, dan sisa makanan lain bisa mengotori gagang pintu rumah dan kamar Anda.

Selain pintu kamar, perhatikan juga gagang pintu lemari es. Titik ini paling mudah kotor.

Selanjutnya, segera bersihkan lorong-lorong dan bagian dinding di tangga rumah Anda. Jika Anda ingin mengecat rumah, segera beri perhatian lebih pada kedua bagian ini terlebih dahulu.

Terakhir, pastikan tempat menyimpan peralatan makan dan centong memasak Anda bersih. Tentu saja, pastikan juga alat makan dan alat masaknya dalam keadaan bersih. Hal-hal sederhana seperti ini yang bisa membekas bagi tamu rumah Anda. Jika hal-hal ini bersih, rumah Anda terasa resik, dan nyaman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com