Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Kiat Efektif Mendekor Rumah!

Kompas.com - 04/07/2014, 07:34 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Rumah seharusnya menjadi tempat bernaung yang aman, nyaman dan membuat penghuninya bahagia. Sayangnya, rumah yang berantakan, barang-barang menumpuk, dan timbunan tagihan bisa membuat pemilik rumah stress.

Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengatur susunan interior atau mendekor rumah. Agar tindakan mendekor Anda efektif, mulailah dari ruang yang paling sering digunakan!

Pertama, segera tanyakan pada diri Anda, ruang mana yang paling sering digunakan untuk menghabiskan waktu. Mungkin saja Anda lebih banyak menghabiskan waktu di meja makan, di sudut kamar tidur, atau di teras rumah.

Tidak sedikit pemilik rumah merasa harus memulai dari ruang yang "seharusnya" menjadi prioritas, misalnya ruang kerja di rumah. Padahal, kuncinya adalah membenahi ruang atau sudut yang benar-benar sering digunakan, bukan "seharusnya" Anda gunakan.

Kedua, prioritaskan ruang tersebut. Karena Anda sering menggunakannya, tidak salah jika Anda mengerahkan waktu dan kemampuan hingga membuatnya senyaman mungkin. Pastikan ruangan ini yang pertama kali dibersihkan.

Pastikan juga ruangan ini selalu dipenuhi dengan barang-barang yang membuatnya fungsional. Sebagai contoh, jika area yang sering Anda gunakan adalah area sudut ruangan untuk membaca, maka jangan lupa sediakan lampu baca dan selimut hangat.

Terakhir, tambahkan juga "kado" kecil untuk Anda di ruangan tersebut. Anda bisa menempatkan bunga, foto-foto orang tersayang, lilin, atau apa pun yang bisa meningkatkan mood.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com