Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Sekat.... Selamat Datang Kantor Terbuka dengan "Kata-kata"!

Kompas.com - 30/06/2014, 11:25 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Permainan merangkai kata-kata ternyata bisa dijadikan cara untuk menata kantor dengan konsep terbuka (open plan). Tak ada lagi konsep meja bersekat yang dianggap terlalu tradisional!

Sudah bukan hal baru bahwa telah terjadi perubahan tentang menata lanskap kantor. Kantor zaman sekarang semakin bergeser untuk mendorong pengembangan karyawan yang lebih kreatif dan membuka diskusi di antara mereka tanpa terhalang satu sekat pun.

www.designboom.com Berdasarkan pertimbangan ergonomis dan pemakaian furnitur multiguna, sudah saatnya pemisah dinding dibuang. Pemakaian warna palet sebagai warna positif dianggap akan sangat meningkatkan kinerja tim.
Berdasarkan pertimbangan ergonomis dan pemakaian furnitur multiguna, sudah saatnya pemisah dinding dibuang. Pemakaian warna palet sebagai warna positif dianggap akan sangat meningkatkan kinerja tim. Itulah yang dilakukan oleh desainer Benoit Challand. Ia bahkan tak ragu untuk meniadakan sekat atau bilik yang secara perlahan-lahan menjadi bagian masa lalu. Kuno!

Benoit melakukan penataan itu sebagai cermin adanya satu perubahan yang baru. Ia memakai konsep permainan kata, yakni 'fold yard’.

Kedua kata itu ia jadikan rancangan kantor terbuka berupa area kerja individu. Masing-masing area kerja itu disusun untuk terlihat seperti huruf alfabet.

www.designboom.com Memakai konsep permainan kata, yakni 'fold yard’, Benoit menjadikan kedua kata itu sebagai rancangan kantor terbuka berupa area kerja individu. Masing-masing area kerja itu disusun untuk terlihat seperti huruf alfabet.
Dari lantai, susunan area kerja itu tampak jauh satu sama lain, terutama karena pemakaian kursi yang rendah dan rak built-in. Jika dilihat dari atas, bentuk mereka tampak berbeda sehingga memungkinkan untuk mengaturnya dalam berbagai cara dan keinginan untuk membentuk kata-kata.

Benoit mengaku, proyek tersebut mengambil ide dari apa yang biasanya hadir dalam konsep dua dimensi, tipografi, atau proyek-proyek desain furnitur tiga dimensi. Di sisi lain, ia berkeinginnan kuat menghasilkan ruangan dengan tampilan baru dan menarik.

www.designboom.com Pemakaian warna palet sebagai warna positif dianggap akan sangat meningkatkan kinerja tim. Sekat atau bilik ditiadakan karena dianggap menjadi bagian masa lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com