Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Luasnya, Maksimal Fungsinya

Kompas.com - 16/06/2014, 15:08 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -  Jejaring sosial SoundCloud kian digemari generasi muda, khususnya para musisi yang ingin mempublikasikan karyanya di internet secara praktis dan gratis. Meski namanya sudah gencar secara global, belum banyak orang yang "mengintip" kantor pusat jejaring sosial tersebut.

Lokasi kantor pusat SoundCloud di Berlin persis menghadap Tugu Peringatan Tembok Berlin. Tepatnya, berada di The Factory, inkubator teknik yang dibiayai oleh Google di Berlin, Jerman. Dimensi kantor ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 200 meter persegi.

Menariknya, meski ukurannya tidak terlalu besar, kantor ini dapat menampung sekitar 200 karyawan. Jika dihitung secara kasar, masing-masing karyawan hanya memiliki ruang kurang dari 1 meter persegi untuk bekerja.

Fastcodesign.com Salah satu ruang rapat yang ada di kantor pusat SoundCloud di Berlin, Jerman.
Kantor ini memang berukuran terbatas, namun desainnya tetap istimewa. Dirancang oleh Kelly Robinson yang sudah pernah mendesain AirBnB dan Couchsurfing. Robinson bekerja sama dengan Timo Nerger, Martin Jacobs, dan Karim El-Ishmawi. Ketiga tokoh ini merupakan rekanan dalam perusahaan arsitektur asal Berlin, Kinzo.

Kunci desain interior kantor tersebut berangkat dari usaha mengekspresikan devosi perusahaan pada musik. Salah satu contoh konkrit, adanya satu ruang yang dipenuhi oleh karya tim kreatif asal Inggris, Us. Tim tersebut membuat visualusasi dari rekaman vinyl lagu "I Will Never Change" karya musisi dubstep asal Inggris, Benga.

Fastcodesign.com Tampilan cafe bergaya Mediterania yang ada dalam kantor pusat SoundCloud di Berlin, Jerman. Di tempat ini, chef-chef lokal biasa memberikan santapan istimewa bagi karyawan SoundCloud.
Secara keseluruhan, ruang di dalam kantor ini tampak modern. Di dalamnya tidak hanya terdapat meja, namun juga ada perpustakaan, taman di dalam ruangan, ruang yoga, dan kafe bergaya Mediterania. Meski SounCloud tergolong perusahaan teknologi, perusahaan tersebut punya ruang bebas teknologi di dalam kantornya.

Fastcodesign.com Di ruang istimewa bebas teknologi ini, karyawan SoundCloud bisa menikmati hangatnya perapian dan beristirahat dengan tenang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com