Kompas.com - 27/06/2014, 14:48 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Pertemuan tahunan The American Institute of Architects (AIA) dimulai Kamis (26/6/2014) kemarin di Chicago, Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut Wali Kota Chicago, Rahm Emmanuel, mengungkapkan bahwa ide untuk memikirkan kembali ruang-ruang di kota saat ini amatlah penting.

Tak hanya sekadar menjabarkan konsep, Emanuel yang berperan sebagai tuan rumah bagi perhelatan akbar AIA tersebut pun sudah membuktikan usahanya. Pada acara itu juga, Emanuel bersikeras dan yakin bahwa arsitektur berpotensi besar mengubah kota.

"Kami, sebagai sebuah kota, benar-benar memanfaatkan kinerja arsitek, perencana kota, untuk memikirkan kota Amerika yang baru," ujarnya seperti dikutip dalam Fastcodesign.com.

Presiden AIA Helene Combs Dreiling pun memperkenalkan Emanuel sebagai pendukung antusias inovasi arsitektural yang terus berlanjut. Salah satu buktinya, minggu ini sang walikota mengumumkan bahwa dia akan meluncurkan acara arsitektural dua tahunan Chicago yang baru.

"Pertemuan dua tahunan di Chicago untuk arsitektur akan mengenai pemikiran kota moderen," ujar Emanuel.

Sembari berseloroh, Emanuel juga mengungkapkan bahwa pertemuan semacam ini juga bisa membawa masuk uang dari pembelanjaan para turis. Dalam pemaparan keynote speech-nya, dia juga menyentuh usaha kota untuk menyediakan sarana transporasi lebih baik.

Dia lalu mengumumkan bahwa pihaknya memang membutuhkan proses untuk memperbaiki sarana transportasi kota. Meski terpaksa menutup beberapa jalur terpadat di Chicago tahun lalu, kini publik tidak hanya bisa menikmati transportasi lebih baik, namun juga lebih cantik.

M Latief/KOMPAS.com Rahm Emmanuel, mengungkapkan bahwa ide untuk memikirkan kembali ruang-ruang di kota saat ini amatlah penting.Emanuel bersikeras dan yakin bahwa arsitektur berpotensi besar mengubah kota.
Untuk itulah, setiap stasiun baru kini dihiasi oleh karya seni yang menampilkan cerita lingkungan di sekitar stasiun. Salah satu karyanya merupakan buah tangan dari Theaster Gates. Karya Gates bisa ditemukan di Stasiun 95th Street.

"Kami dulu memiliki sistem di Chicago, di mana orang-orang yang mengendarai sepeda lebih cepat daripada menggunakan kereta," ujarnya.

Kini, menggunakan kereta pada jalur Red Line baru bisa lebih cepat. Emanuel menegaskan, kira-kira kecepatan kereta mencapai 55 miles per jam (88,5 km per jam).

Akhir kata, Emanuel mengungkapkan bahwa orang-orang kini kembali ke kota. Lantas, kota-kota punya tanggung jawab menyediakan tempat tinggal yang nyaman, berkelanjutan, dan sedap dipandang. Hal-hal baik itu seharusnya terjadi di seluruh kota, bukan hanya di pusat kota, namun juga di semua sudut kota.

"Ide memikirkan kembali ruang Anda merupakan hal penting bagi kota saat ini. Orang-orang kini kembali bermigrasi ke kota. Kita sekali lagi berada pada pusat pemikiran kota yang bisa ditinggali dengan nyaman, berkelanjutan, dan cantik. Tidak hanya pusat kota, karena kami sudah punya pusat kota yang luar biasa, tapi juga apa yang terjadi di lingkungan kami," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.