Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini... Trik Memadukan Warna yang Tidak Biasa!

Kompas.com - 27/06/2014, 11:10 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber
KOMPAS.com - Sebagian orang menetapkan diri menggunakan warna-warna netral untuk digunakan di dalam rumah. Penggunaan paduan hitam-putih, coklat-putih, dan warna-warna netral lainnya memang hampir pasti membuat rumah Anda tampak serasi.

Namun, warna-warna "aman" seperti coklat, krem, dan kuning pastel bisa membuat Anda bosan. Anda bisa mencoba menggunakan paduan warna yang tidak biasa itu. Simak caranya berikut ini:

Untuk membuat tampilan ruang yang menarik, tampaknya Anda harus memberanikan diri menggunakan warna-warna di luar zona nyaman Anda. Sebagai contoh, Anda yang biasa menggunakan warna hitam-putih harus rela memilih warna lain. Untuk memulai, Anda bisa menggunakan paduan warna "karat" dan biru kehijauan.

Domaine menyebut dua warna itu sebagai "rust" dan "turquoise". Kombinasi warna itu memang tidak biasa, karena keduanya merupakan hasil eksplorasi dari paduan warna klasik, merah dan biru.

Cara memasukkannya pada interior rumah Anda pun cukup mudah. Anda bisa menggunakan furnitur kulit dan gorden atau pajangan berwarna biru kehijauan.

Namun demikian, jika enggan menggunakan perpaduan dua warna yang cenderung gelap, cobalah menggunakan warna oranye dan biru. Pasangan warna ini disebut degan "tangerine" dan biru oleh Domaine.

Oranye jeruk yang segar juga akan tampil semakin menarik setelah dipadukan dengan biru. Padukan juga kombinasi ini dengan ruang yang sudah dipenuhi oleh warna-warna netral. Anda bisa membuat ruangan Anda tampak lebih segar.

Tidak hanya dua warna, Anda pun bisa memadukan tiga warna. Anda yang terbiasa menggunakan hitam dan putih untuk mendekor rumah, kini cobalah menambahkan satu warna lainnya. Cobalah menggunakan warna hijau. Anda bisa memasukkan warna ini pada bantal di ruang tamu, atau selimut di kamar tidur.

www.domainhome.com Warna
Kesan lebih mewah juga bisa didapatkan dengan menggunakan warna. Padukan warna biru tua atau biru "navy", hitam, dan emas. Masing-masing warna ini memberikan "kedalaman" dan "intrik visual" pada ruang Anda.

Gunakan furnitur beludru berwarna biru tua. Hias ruangan dengan barang-barang kuningan. Kemudian, pastikan juga Anda membuat "mood" di ruangan tersebut lebih pas. Salah satu caranya, dengan menggunakan cat berwarna hitam.

Terakhir, padukan warna-warna merah mudah pastel dengan coklat. Cara termudahnya adalah menggunakan cat dinding berwarma merah muda pastel dan aksen kayu.

Paduan warna tersebut tampak feminim dan "manis". Jika ingin membuat ruang lebih seimbang dan mengurangi kesan feminim, Anda juga bisa menambahkan warna hitam lewat tudung lampu, lukisan, atau pola.

Memadupadankan warna sebetulnya tidak sulit. Hanya saja, Anda butuh banyak keberanian untuk keluar dari zona nyaman Anda.

Nah, sudah siap beranjak dari zona nyaman Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com