Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aryaduta Ekspansi 50 Hotel dalam Enam Tahun

Kompas.com - 03/06/2014, 18:05 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayap bisnis hospitalitas PT Lippo Karawaci Tbk., berencana mengembangkan hotel kelas atas dan menengah di sejumlah lokasi di seluruh Indonesia. Hingga 2020 mendatang, mereka akan mengembangkan 50 hotel dengan nilai investasi sebesar 350 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,9 triliun. 

Ke-50 hotel tersebut terbagi dalam 10 hotel berklasifikasi atas dengan merek Aryaduta dan 40 hotel kelas menengah dengan merek baru. Merek baru ini akan diumumkan secara resmi pada November mendatang. 

Chief Marketing Officer Hospitality and Leisure Group PT Lippo Karawaci Tbk., Rosmalia Hardman, mengatakan, ekspansi Aryaduta Hotel dilakukan di pasar-pasar dengan permintaan tinggi yakni Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bali, Manado, Makassar, Medan, Palembang, Pontianak, Maluku, dan Nusa Tengga Timur. 

"Pengembangan hotel dilakukan bersamaan dengan kehadiran proyek-proyek Lippo Group lainnya seperti pusat belanja, rumah sakit, sekolah, dan kota mandiri. Adapun dua hotel kelas atas yang akan dibuka tahun 2015 adalah Aryaduta Bali Kuta dan Aryaduta Surabaya di City of Tomorrow," papar Rosmalia, keada Kompas.com, Selasa (3/6/2014).

Permintaan akan fasilitas akomodasi, menurut President Hospitality and Leisure Group PT Lippo Karawaci Tbk., Kevin J Wallace, terus tumbuh terutama di kota-kota di luar Jawa baik kota lapis pertama maupun setingkat kabupaten. 

"Permintaan hotel skala menengah sangat tinggi, demikian halnya dengan kelas atas. Terbukti tingkat penghunian kamar (TPK) hotel Aryaduta sebanyak 70 persen dengan lamanya tamu menginap (lenght of stay) sekitar 2,5 hari untuk tamu leisure dan 1,5 hari untuk tamu pebisnis," ujar Kevin. 

Tingginya tingkat permintaan itulah yang memotivasi Lippo agresif menambah portofolio hotel di seluruh Indonesia. "Pasar Indonesia sangat kuat, terutama didorong oleh wisatawan domestik (domestic driven) terutama di kota-kota yang sedang berkembang. Demikian halnya dengan wisatawan asing yang juga terus meningkat," tandas Rosmalia. 

Lippo Karawaci sendiri saat ini baru memiliki dan mengoperasikan delapan hotel di seluruh Indonesia dengan tarif rerata harisn (average daily rate) Rp 800.000 plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com