Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Piala Dunia 2014 Tarif Hotel Meroket Tajam

Kompas.com - 31/05/2014, 10:22 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tarif kamar hotel-hotel di Brasil selama penyelenggaraan Piala Dunia 2014 periode 12 Juni hingga 13 Juli dipastikan akan naik sebesar rerata 143 poundsterling atau setara Rp 2,7 juta per malam. Tarif lebih tinggi dipatok pada saat hari-hari pertandingan yakni rerata 187 poundsterling (Rp 3,6 juta) per malam. 

Mengutip situs Travigo.co.uk, wilayah Brasília dan Manaus merupakan dua tujuan bermalam yang paling mahal. Terlebih saat pertandingan play off atau babak penyisihan dan pertandingan utama (big match) antara Inggris melawan Italia.

Melonjaknya tarif kamar hotel juga terjadi di Rio de Janeiro, meskipun para pelaku bisnis perhotelan telah berjanji untuk menetapkan batas harga atas dan bawah, namun tetap saja tarif meningkat rerata 7 persen sejak Januari 2014. Di kota ini, tamu yang menginap harus merogoh kocek 173 poundsterling (Rp 3,3 juta) dan 194 poundsterling (Rp 3,8 juta) saat hari pertandingan.

Kendati demikian, Rio bukanlah kota tuan rumah paling mahal. Ibu kota Brasil, Brasilia, justru menjadi tempat yang mematok tarif paling tinggi selama musim panas dan Piala Dunia ini. Satu malam rerata 214 poundsterling (Rp 4,2 juta). Angka ini meroket 10 persen sejak Januari, yang akan meningkat menjadi 305 (Rp 6 juta) pada hari pertandingan.

Demikian halnya Salvador yang tumbuh 14 persen menjadi 125 poundsterling (Rp 2,4 juta) per malam dan 156 poundsterling pada hari pertandingan. Sedangkan Manaus naik 11 persen menjadi 156 poundsterling (Rp 3 juta) an 245 poundsterling (Rp 4,8 juta) pada hari pertandingan.

Bagi Anda yang berkocek terbatas, tak usah khawatir karena masih ada kota dengan tawaran tarif kompetitif. Curitiba contohnya, kota ini mematok tarif termurah yakni 102 poundsterling atau Rp 2 juta per malam dan 131 poundsterling (Rp 2,6 juta) saat hari pertandingan. Angka ini melorot sebesar 16 persen sejak Januari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com