Selama Piala Dunia 2014 Tarif Hotel Meroket Tajam

Kompas.com - 31/05/2014, 10:22 WIB
Pemandangan pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil. AFP PHOTO / YASUYOSHI CHIBAPemandangan pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Tarif kamar hotel-hotel di Brasil selama penyelenggaraan Piala Dunia 2014 periode 12 Juni hingga 13 Juli dipastikan akan naik sebesar rerata 143 poundsterling atau setara Rp 2,7 juta per malam. Tarif lebih tinggi dipatok pada saat hari-hari pertandingan yakni rerata 187 poundsterling (Rp 3,6 juta) per malam. 

Mengutip situs Travigo.co.uk, wilayah Brasília dan Manaus merupakan dua tujuan bermalam yang paling mahal. Terlebih saat pertandingan play off atau babak penyisihan dan pertandingan utama (big match) antara Inggris melawan Italia.

Melonjaknya tarif kamar hotel juga terjadi di Rio de Janeiro, meskipun para pelaku bisnis perhotelan telah berjanji untuk menetapkan batas harga atas dan bawah, namun tetap saja tarif meningkat rerata 7 persen sejak Januari 2014. Di kota ini, tamu yang menginap harus merogoh kocek 173 poundsterling (Rp 3,3 juta) dan 194 poundsterling (Rp 3,8 juta) saat hari pertandingan.

Kendati demikian, Rio bukanlah kota tuan rumah paling mahal. Ibu kota Brasil, Brasilia, justru menjadi tempat yang mematok tarif paling tinggi selama musim panas dan Piala Dunia ini. Satu malam rerata 214 poundsterling (Rp 4,2 juta). Angka ini meroket 10 persen sejak Januari, yang akan meningkat menjadi 305 (Rp 6 juta) pada hari pertandingan.

Demikian halnya Salvador yang tumbuh 14 persen menjadi 125 poundsterling (Rp 2,4 juta) per malam dan 156 poundsterling pada hari pertandingan. Sedangkan Manaus naik 11 persen menjadi 156 poundsterling (Rp 3 juta) an 245 poundsterling (Rp 4,8 juta) pada hari pertandingan.

Bagi Anda yang berkocek terbatas, tak usah khawatir karena masih ada kota dengan tawaran tarif kompetitif. Curitiba contohnya, kota ini mematok tarif termurah yakni 102 poundsterling atau Rp 2 juta per malam dan 131 poundsterling (Rp 2,6 juta) saat hari pertandingan. Angka ini melorot sebesar 16 persen sejak Januari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X