Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jago Meniru, Tiongkok Buka "Kastil Bavaria" Akhir Tahun

Kompas.com - 24/05/2014, 09:27 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Urusan tiru meniru, Tiongkok jagonya. Apa pun bisa mereka duplikasi dengan sempurna. Termasuk bangunan hotel megah di Bavaria, Jerman.  

Tiongkok tengah membangun The Castle Hotel yang desain bangunannya mirip kastil dan hotel megah di Jerman. Grup Starwood Hotels akan mengelola hotel ini akhir tahun ini setelah selesai merenovasi interiornya.

Hotel yang ada di Dalian, Liaoning, Tiongkok, tersebut sangat istimewa lantaran menawarkan pengunjungnya pengalaman pergi ke Eropa, meski berada di Tiongkok.

The Castle Hotel benar-benar serius dalam membuat tiruan kastil di Eropa. Sebagai bukti, makanan serta minuman yang ditawarkan pada para pengunjung akan bernuansa Eropa. Bir dan makanan Jerman akan menjadi hidangan utama. Namun demikian, hotel ini juga menawarkan masakan khas Tiongkok dan Barat.

Bagian luar hotel tersebut benar-benar tampak megah, layaknya sebuah istana. Menara-menara tinggi tampak menjulang di beberapa titik. Menurut rendering yang disediakan Starwood Hotels, tidak tampak sama sekali bahwa hotel mereka di Dalian ini berjarak lebih dari 8.000 km dari Jerman.

The Castle Hotel akan dibuka sekitar akhir tahun 2014. Ketika rampung nanti, The Castle Hotel akan menawarkan 292 kamar hotel dan 67 unit apartemen.

Hotel ini bukan satu-satunya tiruan karya arsitektur yang dibanggakan oleh penduduk Tiongkok. Negara tersebut juga sudah memiliki hotel bergaya Jerman di Qindao, gedung-gedung khas Disneyland di Fushun, Liaoning, yang akan rampung pada 2017, serta berbagai rekonstruksi ikon-ikon kota besar di seluruh dunia.

Salah seorang pengunjung Kota Thames di dekat Shanghai, Zhang Li, mengungkapkan pada BBC bahwa dia senang mengunjungi bangunan tiruan di negaranya. "Biasanya, jika Anda ingin melihat bangunan asing, Anda harus ke luar negeri. Tapi jika Anda mengimpornya ke Tiongkok, orang-orang bisa menghemat uang sembari mengalami sendiri arsitektur bergaya asing," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com