Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel-hotel Asia Pasifik Jadi Favorit Wisatawan, Bali "Kecipratan" Pujian

Kompas.com - 23/05/2014, 16:40 WIB
Latief

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Ada perbandingan tingkat ulasan hotel-hotel di Asia Pasifik, Amerika Utara, dan kawasan Eropa/Timur Tengah/Afrika. Kawasan mana yang terbanyak dalam memperoleh rating hotel terbaik dan layanan wisata apa yang diunggulkan?

Wego, situs pencarian wisata di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah yang bermitra dengan situs ulasan wisatawan TrustYou, memaparkan bahwa secara keseluruhan, kawasan terunggul adalah Asia Pasifik. Menggunakan mesin semantik unik dari TrustYou, situs Wego mengukur keunggulan tersebut berdasarkan 16 kategori, antara lain tingkat pelayanan, fasilitas, makanan, destinasi romantis, kehidupan malam, dan harga. Asia Pasifik, yang mencakup juga destinasi Australia, Selandia Baru, Asia Utara, dan Asia Tenggara meraih persentase tertinggi, yakni 85,8 persen.

"Kami menganalisa sampel dari 6 juta ulasan yang sudah terverifikasi. Ulasan yang tertulis dalam 23 bahasa itu mengkaji kepuasan wisatawan selama menginap di hotel. Skor tiap-tiap kawasan sesungguhnya berbeda tipis, tetapi dari analisis kami tampak bahwa masing-masing kawasan punya keunggulan layanan dan servis yang berbeda,” ujar Benjamin Jost, CEO dan co-founder TrustYou dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (23/5/2014).

"Kawasan Asia Pasifik sangat unggul dalam hal wisata romantis, kenyamanan kamar, dan tempat tidurnya. Selain itu, kawasan tersebut juga memperoleh rating terbaik untuk minibar dan layanan spa. Tentu saja, sebab dua destinasi spa, yakni Thailand dan Bali ada di kawasan itu,” kata Chief Marketing Officer Wego, Joachim Holte.

Sementara itu, dalam hal menghadirkan atmosfer paling bersahabat untuk wisatawan, kawasan terbaik adalah Amerika Utara. Kawasan tersebut unggul dengan skor 94.06 persen.

"Amerika Utara mencetak skor tertinggi untuk ulasan atmosfer paling bersahabat. Hotel-hotel di kawasan ini juga dianggap ramah untuk wisatawan yang traveling sendirian. Ditambah lagi, layanannya mewah dan kehidupan malamnya menarik,” kata Holte.

Sedangkan untuk kawasan lainnya, yakni Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, para traveler memberi rating tinggi untuk kategori makanan, menu sarapan, sambungan internet, lokasi, pelayanan, dan harga.

Menariknya, skor final masing-masing kawasan hanya selisih sedikit. Bahkan, makin menarik, sebab umumnya para traveler memberi ulasan positif untuk sisi romantis sebuah hotel, atmosfer yang ramah, kehidupan malam, layanan, dan lokasi. Angka rating/ulasan rata-rata di atas 87 persen.

"Senang rasanya melihat para pemilik hotel meningkatkan persaingan dalam hal atmosfer yang ramah bagi wisatawan dan dalam hal memberi layanan yang baik,” ujar Jost.

"Sekali lagi, servis dan layanan yang luar biasa merupakan komponen penting buat wisatawan yang menginap di hotel," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com