Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Memperbesar Payudara, Teknologi Silikon Memperindah Konstruksi "Skyscraper"

Kompas.com - 23/05/2014, 12:14 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata silikon? Senyawa ini identik dengan operasi plastik memperbesar payudara. Namun, kegunaan silikon ternyata tidak hanya itu.

Berbagai inovasi telah dilakukan. Bahkan, inovasi dalam teknologi silikon untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan façade bangunan pada gedung-gedung pencakar langit juga memainkan peranan penting. Pasar merespon positif dan permintaan terus meningkat dari tahun ke tahun seiring intensitas pembangunan pencakar langit.

Demikian pendapat Mikkel Kragh saat berbicara dalam acara Smart Skyscrapers Summit di Dubai, Uni Emirat Arab, belum lama ini.

Menurut Kragh, teknologi silikon juga dapat menangani permasalahan dengan dimensi (ukuran) bangunan yang semakin kompleks dan masalah estetika dalam mendesain tirai dinding.

Pimpinan Dow Corning, Markus Plettau, salah satu perusahaan inovator teknologi silikon, mengatakan, silikon merupakan masa depan yang dapat menjawab tantangan dan kebutuhan desain dan konstruksi pencakar langit.

"Ini sebuah kebanggan dapat terlibat dengan profesional terkemuka dunia yang berfokus pada desain dan konstruksi gedung-gedung tinggi dan kota-kota di masa depan. Kami menerima pertumbuhan permintaan yang signifikan dalam teknologi yang kami kembangkan," papar Plettau.

Teknologi silikon merupakan pengembangan Modul Isolasi Arsitektur yang digagas Dow Coning. Teknologi ini memberikan desainer lebih banyak fleksibilitas untuk membantu mengelola dan menyeimbangkan kinerja termal dan estetika serta dapat merekayasa desain dengan kinerja maksimal untuk fasad pada bangunan tinggi.

"Inovasi ini mendukung tantangan utama untuk mencapai kebebasan desain seiring fokus pada keberlanjutan, kinerja jangka panjang dan kualitas bangunan baru dan yang sudah ada," pungkas Plettau.

Sebelum silikon digunakan secara komersial dalam pemakaian langsung batuan, pasir silika, dan tanah liat dalam pembangunan gedung, sering digunakan untuk membuat serat optik. Selain itu, dalam operasi plastik digunakan untuk mengisi bagian tubuh pasien dalam bentuk silikone. Silikon dalam bentuk mineral dikenal pula sebagai zat kersik.

Silika juga terdapat pada keramik. Banyak senyawa silikon modern seperti silikon kharbida yang dipakai dalam pembuatan keramik berdaya tahan tinggi. Silikon juga dipakai sebagai monomer dalam pembuatan polimer sintetik silikone.

Unsur silikon juga berperan besar terhadap ekonomi modern. Meski banyak silikon digunakan pada proses penyulingan baja, pengecoran aluminium, dan beberapa proses industri kimia lainnya, sebagian silikon juga digunakan sebagai bahan semikonduktor pada elektronik-elektronik. Karena penggunaannya yang besar pada sirkuit terintegrasi, dasar dari komputer, maka kelangsungan teknologi modern bukan tak mungkin, akan bergantung pada silikon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com