Kompas.com - 16/04/2014, 16:56 WIB
Manfaatkan ruang di bawah tangga untuk berbagai keperluan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai lemari baju, hingga lemari penyimpanan makanan. Casa Sugar dan The KitchnManfaatkan ruang di bawah tangga untuk berbagai keperluan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai lemari baju, hingga lemari penyimpanan makanan.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bagian bawah tangga sebenarnya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Anda bisa melihat contohnya di dalam film Harry Potter. Sang penyihir muda menghabiskan seluruh masa kecilnya tinggal di dalam ruang sempit di bawah tangga.

Selain menjadi ruang "darurat", bagian bawah tangga juga bisa memiliki berbagai fungsi lain. Berikut ini beberapa inspirasi cara mengisi ruang kosong di bawah tangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, jika tangga berada tidak jauh dari pintu masuk, solusi ini sangat tepat. Anda bisa membuat ruang di bawah tangga sebagai tempat menyimpan jaket, payung, dan sepatu.

Kedua, Anda bisa menggunakan area di bawah tangga sebagai lemari bahan makanan, khususnya bahan makanan kering dan berbagai perlengkapan masak. Untuk menambah ruang penyimpanan, Anda juga bisa menambahkan kereta dorong di dalamnya.

Homeworkremodels.com dan Amyvermillion.com Anda juga bisa memanfaatkan bagian bawah tangga sebagai ruang duduk mungil.
Ketiga, jadikan ruang di bawah tangga sebagai ruang duduk mungil. Bila perlu, jadikan juga dinding-dinding di sekitarnya sebagai rak buku. Dengan cara ini, Anda bisa memiliki "perpustakaan" mungil di bawah tangga.

Keempat, jadikan area di bawah tangga sebagai tempat bermain anak. Biarkan terbuka agar Anda bisa dengan mudah mengawasi mereka. Ketika tidak digunakan, Anda bisa menjadikannya tempat untuk menyimpan mainan. Selain itu, membuat ruang di bawah tangga menjadi "rumah-rumahan" untuk anak Anda juga ide yang baik.

Jika tidak memiliki anak, Anda juga bisa menjadikan area di bawah tangga sebagai ruang kerja mungil. Selain hemat tempat, ruang di bawah tangga yang terkesan tertutup juga ideal untuk memusatkan pikiran Anda pada pekerjaan.

Anda pun bisa memanfaatkan area di bawah tangga sebagai kamar kecil. Sebaiknya, pastikan kamar kecil tersebut hanya berfungsi sebagai kamar mandi cadangan yang tidak berfungsi penuh. Artinya, Anda hanya menyediakan kloset dan wastafel agar tetap kering.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.