Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Terbit, Dokumentasi Rute Sepeda Terkemuka di Dunia!

Kompas.com - 05/04/2014, 14:04 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Bersepeda mengalami kebangkitan global, dan penjualan sepeda terus meningkat seiring hadirnya sejumlah fasilitas sepeda yang inventif dan cerdik di banyak negara. Diterbitkan oleh nai010, buku berjudul Cycle Infrastructure ini menjadi semacam katalog pengembangan, desain, dan promosi rute-rute sepeda.

Tak hanya itu, buku Cycle Infrastructure juga menyoroti contoh-contoh yang baik dari rute-rute bersepeda di perkotaan dan menawarkan analisis rinci dari perkembangan bersepeda di masa lalu dan solusinya di masa depan. Rasanya semakin lengkap, karena ini akan menjadi semacam panduan yang menyediakan wawancara dengan para pembuat rute bersepeda dan beragam info sekilas mengenai inovasi rute-rute tersebut di masa akan datang.

Penulis buku ini, Stefan Bendiks dan Aglaee Degros mengatakan, kehadiran buku ini diharapkan bisa menjadi publikasi untuk mempromosikan lebih jauh mengenai manfaat bersepeda di perkotaan, terutama mendorong pertimbangan infrastruktur sebagai tantangan desain integral dari isu rekayasa lalu lintas mendasar di kota-kota besar di seluruh dunia. Apalagi, sekarang ini banyak berdiri klub-klub sepeda, baik sebagai hobi yang berkelanjutan dan sehat maupun alternatif berkendara. Semua orang semakin yakin, bersepeda tidak hanya sehat, tetapi juga menjadi cara memerangi kemacetan lalu lintas di seluruh muka bumi.

designboom.com Buku ini diharapkan bisa menjadi publikasi untuk mempromosikan lebih jauh mengenai manfaat bersepeda di perkotaan, terutama mendorong pertimbangan infrastruktur sebagai tantangan desain integral dari isu rekayasa lalu lintas mendasar di kota-kota besar di seluruh dunia.
Menggambarkan pengalaman mereka sebagai pendiri Artgineering, sebuah perusahaan penelitian dan desain perencanaan dan infrastruktur perkotaan, Bendiks dan Degros mengungkapkan keyakinan mereka bahwa kemungkinan bersepeda belum cukup dimanfaatkan secara maksimal.

Mikael Colville Anderson dari perusahaan desain Copenhagenize, kata pengantar buku ini, mengatakan bahwa sesuatu yang sangat luar biasa bisa melihat tingginya minat orang terhadap sepeda sebagai transportasi dan fenomena ini telah meledak di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir.

designboom.com Tak hanya itu. Buku 'Cycle Infrastructure' juga menyoroti contoh-contoh yang baik dari rute-rute bersepeda di perkotaan dan menawarkan analisa rinci dari perkembangan bersepeda di masa lalu dan solusinya di masa depan.
"Kami telah tersandung di dalam gelap dan pekat hutan teknologi, mencari solusi, dan salah satu jawaban utama telah duduk di sana, tepat di depan kami, untuk 125 tahun nanti," ujar Colville.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com