Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Furnitur Cantik Hasil "Perkawinan" Teknologi Cetak Tiga Dimensi!

Kompas.com - 05/04/2014, 12:50 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -Profesor MIT sekaligus arsitek dan desainer Neri Oxman memadukan teknologi cetak tiga dimensi dengan material alami untuk membuat kursi malas atau chaise longue bernama Gemini. Bukan sembarang kursi, kursi malas rancangannya itu memiliki akustik istimewa untuk memastikan kenyamanan penggunanya.

"Kursi ini didesain dengan menggunakan permukaan bergelombang yang cenderung memantulkan suara ke dalam. Struktur permukaannya menyebarkan suara dan memantulkannya ke dalam dan menyerap suara pada kulit hasil cetak tiga dimensi hingga menyerap suara tersebut, dan menciptakan lingkungan yang benar-benar damai dan tenang," ujar Oxman.

Kursi ini merupakan rancangan pertama dari dua jenis kursi di bawah nama Gemini. Untuk membedakan dengan kursi kedua yang akan diperkenalkan pada publik September mendatang, kursi ini diberi nama Gemini Alpha. Sementara itu, kursi keduanya akan dinamai dengan Gemini Beta.


dezeen.com Bagian dalam Gemini Alpha merupakan bintik-bintik sintetis seperti karet yang berwarna magenta, kuning, dan oranye. Bagian ini dibuat dengan menggunakan 44 komposit berbeda dan diproduksi dengan mesin cetak keluaran Stratasys, Objet400 3D printer.
Bagian dalam Gemini Alpha merupakan bintik-bintik sintetis seperti karet yang berwarna magenta, kuning, dan oranye. Bagian ini dibuat dengan menggunakan 44 komposit berbeda dan diproduksi dengan mesin cetak keluaran Stratasys, Objet400 3D printer.

Adapun eksterior kursi dibuat dengan menggunakan kayu padat yang dibentuk menggunakan mesin CNC di pusat seni dan desain Paris, Le Laboratoire. Bagian ini mengikuti kontur badan manusia dengan dudukan yang dalam, sandaran punggung, dan bagian kepala melengkung untuk mengurangi suara dari luar kursi malas.
 
Kursi tersebut merupakan hasil kolaborasi Neri Oxman dengan W. Craig Carter, profesor Departemen of Materials Science and Engineering di MIT. Akhir Maret lalu, Oxman dan Carter sudah meluncurkan Gemini pada pameran "Vocal Vibrations" di La Laboratoire, Paris, Prancis.

dezeen.com Adapun eksterior kursi dibuat dengan menggunakan kayu padat yang dibentuk menggunakan mesin CNC di pusat seni dan desain Paris, Le Laboratoire. Bagian ini mengikuti kontur badan manusia dengan dudukan yang dalam, sandaran punggung, dan bagian kepala melengkung untuk mengurangi suara dari luar kursi malas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com