Kompas.com - 05/04/2014, 12:50 WIB
Bukan sembarang kursi, kursi malas rancangannya itu memiliki akustik istimewa untuk memastikan kenyamanan penggunanya.
www.dezeen.comBukan sembarang kursi, kursi malas rancangannya itu memiliki akustik istimewa untuk memastikan kenyamanan penggunanya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com -Profesor MIT sekaligus arsitek dan desainer Neri Oxman memadukan teknologi cetak tiga dimensi dengan material alami untuk membuat kursi malas atau chaise longue bernama Gemini. Bukan sembarang kursi, kursi malas rancangannya itu memiliki akustik istimewa untuk memastikan kenyamanan penggunanya.

"Kursi ini didesain dengan menggunakan permukaan bergelombang yang cenderung memantulkan suara ke dalam. Struktur permukaannya menyebarkan suara dan memantulkannya ke dalam dan menyerap suara pada kulit hasil cetak tiga dimensi hingga menyerap suara tersebut, dan menciptakan lingkungan yang benar-benar damai dan tenang," ujar Oxman.

Kursi ini merupakan rancangan pertama dari dua jenis kursi di bawah nama Gemini. Untuk membedakan dengan kursi kedua yang akan diperkenalkan pada publik September mendatang, kursi ini diberi nama Gemini Alpha. Sementara itu, kursi keduanya akan dinamai dengan Gemini Beta.


dezeen.com Bagian dalam Gemini Alpha merupakan bintik-bintik sintetis seperti karet yang berwarna magenta, kuning, dan oranye. Bagian ini dibuat dengan menggunakan 44 komposit berbeda dan diproduksi dengan mesin cetak keluaran Stratasys, Objet400 3D printer.
Bagian dalam Gemini Alpha merupakan bintik-bintik sintetis seperti karet yang berwarna magenta, kuning, dan oranye. Bagian ini dibuat dengan menggunakan 44 komposit berbeda dan diproduksi dengan mesin cetak keluaran Stratasys, Objet400 3D printer.

Adapun eksterior kursi dibuat dengan menggunakan kayu padat yang dibentuk menggunakan mesin CNC di pusat seni dan desain Paris, Le Laboratoire. Bagian ini mengikuti kontur badan manusia dengan dudukan yang dalam, sandaran punggung, dan bagian kepala melengkung untuk mengurangi suara dari luar kursi malas.
 
Kursi tersebut merupakan hasil kolaborasi Neri Oxman dengan W. Craig Carter, profesor Departemen of Materials Science and Engineering di MIT. Akhir Maret lalu, Oxman dan Carter sudah meluncurkan Gemini pada pameran "Vocal Vibrations" di La Laboratoire, Paris, Prancis.

dezeen.com Adapun eksterior kursi dibuat dengan menggunakan kayu padat yang dibentuk menggunakan mesin CNC di pusat seni dan desain Paris, Le Laboratoire. Bagian ini mengikuti kontur badan manusia dengan dudukan yang dalam, sandaran punggung, dan bagian kepala melengkung untuk mengurangi suara dari luar kursi malas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.