Kompas.com - 21/03/2014, 15:20 WIB
Plaza de Espana sevillaonlinePlaza de Espana
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Orang paling tajir di China, Wang Jianlin, punya rencana cukup "gila". Ia telah mengajukan tawaran untuk membeli pencakar langit di Madrid, Spanyol.

Yang membuat kabar ini istimewa adalah pencakar langit yang akan ia beli bukan sembarang,  melainkan sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon atau tengara ibukota Negeri Matador  tersebut.

Media Spanyol mewartakan, Wang yang juga dikenal sebagai raja properti, bersedia membeli
Plaza de Espana senilai 362 juta dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 4,1 triliun.

Penawaran tersebut diajukan langsung melalui Dalian Wanda Group kepada sang pemilik gedung setinggi 25 lantai tersebut, yakni raksasa perbankan Spanyol, Santander.

Pemimpin wilayah Madrid, Ignacio Gonzalez, memberikan konfirmasi bahwa benar telah terjadi kesepakatan jual beli antara Dalian Wanda dengan Santander.

Gedung yang berada di area Plaza de Espana tersebut merupakan pencakar langit ikonik yang dibangun pada 1953 saat Spanyol berada di bawah kediktatoran Fransisco Franco. Materialnya berasal dari bata putih dan merah.

Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran sekaligus apartemen dan mendominasi panorama hampir seluruh alun-alun Plaza de Espana.

Pada 2006, bangunan ini dibiarkan kosong tanpa penghuni dan dijadikan sebagai simbol runtuhnya sektor properti yang terjadi pada 2008. Keruntuhan tersebut membawa Spanyol ke dalam resesi ganda.

Dengan pembelian tersebut, lanjut Gonzales, diharapkan dapat mendorong investasi besar-besaran masuk ke Spanyol.

Wang sendiri tercatat sebagai mantan anggota senior Partai Komunis China. Ia menduduki peringkat orang terkaya di negerinya dan 26 terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi diperkirakan mencapai 14 miliar dollar AS (Rp 160 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.