Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Terkaya China Berniat Ambil Alih Gedung Bersejarah Spanyol

Kompas.com - 21/03/2014, 15:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Orang paling tajir di China, Wang Jianlin, punya rencana cukup "gila". Ia telah mengajukan tawaran untuk membeli pencakar langit di Madrid, Spanyol.

Yang membuat kabar ini istimewa adalah pencakar langit yang akan ia beli bukan sembarang,  melainkan sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon atau tengara ibukota Negeri Matador  tersebut.

Media Spanyol mewartakan, Wang yang juga dikenal sebagai raja properti, bersedia membeli
Plaza de Espana senilai 362 juta dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 4,1 triliun.

Penawaran tersebut diajukan langsung melalui Dalian Wanda Group kepada sang pemilik gedung setinggi 25 lantai tersebut, yakni raksasa perbankan Spanyol, Santander.

Pemimpin wilayah Madrid, Ignacio Gonzalez, memberikan konfirmasi bahwa benar telah terjadi kesepakatan jual beli antara Dalian Wanda dengan Santander.

Gedung yang berada di area Plaza de Espana tersebut merupakan pencakar langit ikonik yang dibangun pada 1953 saat Spanyol berada di bawah kediktatoran Fransisco Franco. Materialnya berasal dari bata putih dan merah.

Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran sekaligus apartemen dan mendominasi panorama hampir seluruh alun-alun Plaza de Espana.

Pada 2006, bangunan ini dibiarkan kosong tanpa penghuni dan dijadikan sebagai simbol runtuhnya sektor properti yang terjadi pada 2008. Keruntuhan tersebut membawa Spanyol ke dalam resesi ganda.

Dengan pembelian tersebut, lanjut Gonzales, diharapkan dapat mendorong investasi besar-besaran masuk ke Spanyol.

Wang sendiri tercatat sebagai mantan anggota senior Partai Komunis China. Ia menduduki peringkat orang terkaya di negerinya dan 26 terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi diperkirakan mencapai 14 miliar dollar AS (Rp 160 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com