Kompas.com - 27/02/2014, 16:03 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Keberadaan lahan kosong di sebuah lingkungan bisa menurunkan kualitas hidup di daerah tersebut. Seperti dikutip Fastcoexist.com, lahan kosong memberikan citra bahwa suatu daerah sudah ditinggalkan dan ini membawa hal buruk bagi lingkungan di sekitarnya.

Hal yang sama terjadi di Bangor, Irlandia Utara. Sebuah lahan berukuran cukup luas di tepi laut di Bangor sudah dibiarkan kosong selama lebih dari satu dekade.

Pemerintah setempat sadar betul hal negatif yang bisa dihasilkan dari keberadaan lahan kosong. Karena itu, pemerintahnya memutuskan mengubah lahan menjadi sebuah koloni seniman dan taman. Kini, tempat tersebut berisi enam rumah-rumah temporer (disebut dengan pod) yang dibangun dari trailer pengiriman barang. Enam rumah tersebut cukup untuk menampung 12 seniman.

Simak video proses pembuatannya yang diunggah dalam Vimeo.

Pemerintah Bangor, Irlandia Utara mengisi lahan kosong dengan instalasi seni dari trailer-trailer.

Memang, meski lahan kosong di Bangor ini bersifat sementara, sejauh ini terbukti relatif efektif dalam mengubah tampilan dan nuansa kota. Lahan kosong tak lagi menjadi momok. Langkah pemerintah Bangor pun diapresiasi oleh warganya.

Salah satu anggota Dewan Kota setempat, Paula Quinn, mengatakan bahwa proyek ini bertujuan menghentikan perluasan daerah kumuh di Bangor, terutama daerah pinggir laut. Titik fokal kegiatan ini juga berpusat untuk menyediakan kemungkinan penyelenggaraan acara-acara seni dan pertunjukkan. Hal ini penting bagi Bagor. Pada 1960-an, kota tersebut merupakan salah satu tujuan wisata.

Sayangnya, para turis berhenti mengunjunginya dan memilih kota-kota bersuhu lebih hangat. Hingga 20 tahun mencoba mengembangkan kota pinggir lautnya, kota ini akhirnya mengurungkan niat karena dana tidak kunjung turun.

Kini, penduduk setempat bisa mengunjugi pod dan taman selama 24 jam sehari. Sayangnya, penduduk sekitar hanya bisa mengunjunginya hingga pertengahan 2015.

"Masyarakat sudah merasa para seniman dekat di hati mereka. Beberapa seniman menjalankan bengkel kerja di dalam pod mereka. Proyek ini membuka banyak kesempatan bagi seniman dan komunitas," ujar Quinn.

Instalasi pop-up di lahan kosong Bangor, Irlandia Utara pada waktu malam.

Sumber: www.fastcoexist.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.