Tak Mau Kalah, Real Madrid Rancang Renovasi Santiago Bernabeu!

Kompas.com - 04/02/2014, 16:46 WIB
Desain fasad stadion ini memperlihatkan bentuk melengkung yang cantik lewat penggunaan baja asimetris. Cantik bukan saja bentuknya, namun juga lantaran memantulkan cahaya dengan pola-pola yang selalu berubah. www.designboom.comDesain fasad stadion ini memperlihatkan bentuk melengkung yang cantik lewat penggunaan baja asimetris. Cantik bukan saja bentuknya, namun juga lantaran memantulkan cahaya dengan pola-pola yang selalu berubah.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Klub sepak bola Real Madrid mengumumkan rencana renovasi markas mereka, Stadion Santiago Bernabeu. Mereka menginginkan stadion bersejarah itu menjadi salah satu landmark stadion olahraga di dunia.

Seperti halnya musuh bebuyutan mereka, FC Barcelona, skema proyek renovasi ini ditargetkan untuk benar-benar mengubah wajah stadion tersebut menjadi cantik. Untuk itulah, klub raksasa asal Spanyol itu menyerahkan desain dan pelaksanaan renovasi kepada studio arsitek asal Jerman, GMP Architekten, serta perusahaan Spanyol, L35 dan Ribas Ribas & Arquitectes. Kepada para arsitek itu, Real Madrid meminta penampilan stadion ini tidak hanya terlihat baru, tetapi juga tampil energik.

www.designboom.com Desain fasad stadion ini memperlihatkan bentuk melengkung yang cantik lewat penggunaan baja asimetris. Cantik bukan saja bentuknya, namun juga lantaran memantulkan cahaya dengan pola-pola yang selalu berubah.
Hasilnya, desain fasad stadion ini memperlihatkan bentuk melengkung yang cantik lewat penggunaan baja asimetris. Cantik bukan saja bentuknya, melainkan juga lantaran memantulkan cahaya dengan pola-pola yang selalu berubah, khususnya pada malam hari, karena stadion ini menggunakan sistem pencahayaan LED yang akan membuat fasad ini mengeluarkan cahaya lembut. Adapun motif garis pada fasad ini terlihat mengelilingi struktur luar bangunan dan mengekspresikan apa yang menjadi tujuan mereka: tampil energik! 

www.designboom.com Para arsitek tersebut juga menyiapkan atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup. Hal ini akan memungkinkan venue megah tersebut dapat digunakan untuk berbagai acara sepanjang tahun.
Para arsitek tersebut juga menyiapkan atap stadion yang bisa dibuka dan ditutup. Hal ini akan memungkinkan venue megah tersebut dapat digunakan untuk berbagai acara sepanjang tahun. Apalagi, kanopi atapnya dirancang menggunakan membran PTFE pada bagian eksteriornya sehingga menambah perlindungan terhadap sinar matahari. Sementara covering atapnya dibuat transparan untuk memperoleh cahaya alami pada siang hari. Membran tembus pandang ini akan ditempatkan di bagian dalam untuk menyembunyikan struktur bangunan.

www.designboom.com Skema proyek ini juga mencakup pembangunan sebuah hotel baru yang akan menawarkan pemandangan langsung ke lapangan, selain juga kehadiran pusat belanja dan rekreasi, serta parkir bawah tanah, yang terintegrasi dengan ruang publik.
"Gagasan ini adalah inspirasi lain yang kuat. Efisiensi energi, integrasi dengan lingkungan, dan teknologi baru adalah prinsip-prinsip inovatif yang diberikan oleh tim desain. Kami merasa sangat bangga dengan tantangan ini dan kami yakin bahwa wajah baru Bernabeu akan menempel di benak semua orang," kata Tristan Lopez-chicheri, Direktur Eksekutif L35, kepada Designboom.

www.designboom.com Skema proyek ini juga mencakup pembangunan sebuah hotel baru yang akan menawarkan pemandangan langsung ke lapangan. Stadion ini juga akan memiliki pusat belanja dan sarana rekreasi baru, lengkap dengan parkir bawah tanah yang terintegrasi dengan ruang publik nan cantik.
Bukan hanya stadion. Tristan menuturkan, skema proyek ini juga mencakup pembangunan sebuah hotel baru yang akan menawarkan pemandangan langsung ke lapangan. Stadion ini juga akan memiliki pusat belanja dan sarana rekreasi baru, lengkap dengan parkir bawah tanah yang terintegrasi dengan ruang publik nan cantik.

Rencananya, konstruksi pembangunan stadion baru ini dimulai pada Juni 2014, dengan target penyelesaian tentatif dijadwalkan pada 2017 mendatang. Namun demikian, Madrid menginginkan agar pekerjaan renovasi tersebut bisa dilakukan tanpa mengganggu penggunaan stadion mereka itu saat ini.

Tampaknya, rencana tersebut lebih ngebut ketimbang pesaingnya, Barcelona, yang baru-baru ini juga mengumumkan renovasi wajah baru stadion kebanggaan mereka, Camp Nou. Barca menjadwalkan renovasi itu baru mulai dilaksanakan pada Mei 2017. (Baca: Barcelona dan "Ikon Baru" Stadion Camp Nou)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X