Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urusan Renovasi Bukan Cuma Duit....

Kompas.com - 04/02/2014, 14:00 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Setelah cuaca buruk menghantam rumah Anda sepanjang awal 2014 ini, tentu Anda ingin segera memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi. Namun, Anda juga harus ingat bahwa proses renovasi bukan proses yang mudah.

Itulah renovasi. Ketika dimulai, Anda tak bisa kembali lagi ke keadaan semula. Pekerja akan berlalu-lalang di dalam rumah. Debu, kotoran, dan serpihan juga akan beterbangan di dalam rumah Anda. Meski demikian, ingat juga bahwa di penghujung proses, Anda akan mendapati rumah Anda jauh lebih baik dari sebelumnya. Berikut ini beberapa hal untuk Anda persiapkan sebelum melalui proses melelahkan itu:

www.shutterstock.com Pertama, masukkan barang-barang dalam ruang yang ingin Anda renovasi dalam kardus-kardus sesuai fungsinya. Letakkan kardus-kardus tersebut di ruangan lain agar tidak mempengaruhi kinerja para pekerja yang memperbaiki rumah Anda.
Siapkan penyimpanan

Pertama, masukkan barang-barang dalam ruang yang ingin Anda renovasi dalam kardus-kardus sesuai fungsinya. Letakkan kardus-kardus tersebut di ruangan lain agar tidak mempengaruhi kinerja para pekerja yang memperbaiki rumah Anda.

Namun, pastikan barang-barang yang masih sering Anda gunakan lebih mudah diraih. Jika Anda merenovasi dapur, Anda mungkin tidak akan menggunakan mixer untuk sementara waktu. Namun, Anda tentu tetap bisa menggunakan mug dan mangkuk sehingga simpan keduanya dalam wadah atau lokasi yang lebih mudah diakses. 

Anda bisa menggunakan meja atau rak yang memiliki roda untuk menaruh barang-barang seperti mug dan mangkuk tersebut. Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan handuk, seprai, peralatan memasak, peralatan makan, serta keperluan mandi. Tempat penyimpanan yang mudah dipindahkan seperti ini akan memudahkan Anda ketika Anda membutuhkannya dengan segera namun lokasi tempatnya biasa berada tengah direnovasi.

www.shutterstock.com Kedua, tingkatkan kewaspadaan Anda. Ketika mengerjakan proyek perbaikan rumah, banyak orang berlalu-lalang di dalam rumah. Pastikan mereka benar-benar pekerja yang tengah memperbaiki rumah Anda.
Tingkatkan kewaspadaan

Kedua, tingkatkan kewaspadaan Anda. Ketika mengerjakan proyek perbaikan rumah, banyak orang berlalu-lalang di dalam rumah. Pastikan mereka benar-benar pekerja yang tengah memperbaiki rumah Anda. Tanpa kewaspadaan, mudah sekali orang asing membobol rumah Anda dengan mengambil keuntungan dari sibuknya keadaan di rumah Anda.

Lindungi privasi

Ketiga, lindungi juga privasi Anda. Dengan banyaknya orang asing di dalam rumah, Anda tentu tidak mungkin berlalu-lalang di dalam rumah dengan hanya menggunakan piyama atau handuk. Anda pun tidak mungkin menikmati pagi Anda dengan damai sembari menyeruput kopi.

Selesaikan masalah ini dengan membuat ruang pribadi sementara di rumah Anda. Alih-alih menggunakan kamar mandi Anda, gunakan kamar mandi tamu jika letaknya lebih jauh dari proyek renovasi.

Buat juga zona nyaman baru untuk meminum kopi atau teh sembari membaca buku sebelum berangkat kerja. Cara ini mampu membuat Anda siap menyambut hari tanpa perlu diganggu oleh para pekerja.

Perhatikan dokumen

Keempat, sadarlah bahwa proses renovasi akan membuat semua orang panik. Seolah, segala hal tidak berada pada tempatnya. Maka itu, kumpulkan hal-hal penting seperti telepon genggam, charger, kunci, surat, tagihan, dan berbagai dokumen penting lainnya dalam satu tempat sebelum proses renovasi dimulai.

Zat berbahaya

Kelima, beri pengertian pada anak Anda, terutama anak-anak kecil untuk berada jauh dari proyek renovasi. Mereka berisiko menghirup serpihan kayu, bahan kimia berbahaya, atau bahkan tertimpa berbagai peralatan. Selain anak-anak, jika Anda memiliki hewan peliharaan, Anda pun perlu menyingkirkannya dari area berbahaya.

Menjaga komunikasi

Keenam, hubungi keluarga dan kerabat Anda, terutama jika Anda akan melalui proses renovasi yang cukup lama. Hal ini akan mempermudah Anda dan juga mereka. Tanpa pemberitahuan sebelumnya, kemungkinan Anda akan mendapatkan tamu "tidak terduga". Tentu sangat tidak nyaman menyambut tamu di tengah rumah yang tengah porak-poranda dalam proses renovasi.

Anggaran cadangan

Terakhir, bila memungkinkan, sisihkan anggaran untuk menginap di hotel setidaknya selama beberapa hari dalam proses renovasi. Meski hanya sementara, cara ini mampu membuat Anda terbebas dari proses yang melelahkan. Anda pun bisa beristirahat dengan tenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com