Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat... Tak Semua Renovasi Berbuah Manis, Malah Bikin Rugi!

Kompas.com - 04/02/2014, 11:08 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber brightness
KOMPAS.com — Sebelum memperbaiki rumah, ada baiknya Anda mempertimbangkan baik-baik keputusan tersebut. Ternyata, ada proses renovasi yang justru berpotensi menurunkan nilai rumah Anda.

Tentunya, Anda tak ingin investasi yang tidak sedikit jumlahnya itu terbuang sia-sia, bukan? Berikut ini beberapa jenis renovasi yang akan memberikan keuntungan bagi Anda dan jenis renovasi lain yang justru merugikan.

www.shutterstock.com Renovasi kedua yang mampu meningkatkan nilai jual kembali rumah Anda adalah kamar mandi. Kamar mandi yang tampak tua, kotor, dan memiliki peralatan rusak sangat tidak menarik.
Menambah nilai rumah

Merenovasi dapur dan membuatnya lebih baik merupakan langkah yang tepat. Seperti dikutip Brightnest, dapur merupakan jantung rumah Anda. Semakin baik kondisi dapur, semakin menarik pula rumah Anda. Untuk itu, tingkatkan kenyamanan dan fasilitasnya dengan menyediakan barang-barang serta alat memasak yang terbuat dari besi nirkarat. Selain meningkatkan nilai estetis, alat-alat tersebut pun tahan lama.

Membuat dapur terhubung langsung dengan ruang tamu juga merupakan perubahan positif. Runtuhkan dinding yang membatasi dapur dan ruangan lain. Dengan cara ini, dapur terasa lebih luas dan lebih nyaman digunakan. Selain itu, ketika Anda memasak, Anda pun tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat di ruang lainnya.

Renovasi kedua yang mampu meningkatkan nilai jual kembali rumah Anda adalah kamar mandi. Kamar mandi yang tampak tua, kotor, dan memiliki peralatan rusak sangat tidak menarik. Siapa pun enggan membeli rumah dengan spesifikasi semacam ini. Maka itu, selain demi kenyamanan Anda sendiri, tidak ada salahnya memperbaiki kamar mandi Anda.

www.shutterstock.com Renovasi kedua yang kemungkinan akan merugikan Anda adalah mencoba membuat kamar tidur dengan spesifikasi terlalu unik.
Merugikan

Anda mungkin berpikir, membuat rumah tampak lebih glamor akan meningkatkan nilainya. Ternyata, hal tersebut terbukti salah. Menambahkan kolam renang, misalnya, justru berpotensi menjatuhkan nilai jual kembali rumah Anda.

Kolam renang membutuhkan banyak air, banyak perawatan, banyak kewaspadaan, dan banyak biaya. Anda sulit menjual rumah dengan kolam renang pada keluarga muda dengan anak kecil, pekerja sibuk, atau orang berusia senja.

Renovasi kedua yang kemungkinan akan merugikan Anda adalah mencoba membuat kamar tidur dengan spesifikasi terlalu unik. Misalnya, Anda penggemar film Star Trek atau The Hobbit dan ingin membuat kamar tidur Anda persis seperti latar kedua film tersebut. Boleh jadi, konsep tersebut cocok bagi Anda, tetapi belum tentu untuk calon pembeli rumah Anda.

Selain itu, menaruh perpustakaan dan gudang anggur juga langkah berisiko. Belum tentu calon pembeli rumah Anda membutuhkannya.

Bagaimana, jadi merenovasi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com