Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Harus Berhemat dan Kapan Terpaksa Boros saat Mendekor Rumah?

Kompas.com - 03/02/2014, 19:07 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Mendekor ulang interior rumah memang bukan pekerjaan mudah. Selain membutuhkan riset kecil mengenai kebutuhan keluarga, kegiatan tersebut pun harus tetap berada dalam batas anggaran yang Anda tentukan.

Menariknya, desainer interior Estee Stanley mengungkapkan bahwa Anda harus juga tahu waktu yang tepat untuk rela mengeluarkan banyak uang dalam proses tersebut. Menurutnya, sangat penting menetapkan anggaran ketika mendekor sebuah ruang.

www.houzz.com Hindari tren atau berbelanja hanya karena iseng. Berhematlah pada bantal hias, selimut, dan aksesoris. (Tren) barang-barang ini dapat dengan mudah diperbarui dan berganti setiap tahun, setiap musim
"Namun, ketika Anda sudah memulai prosesnya, mematuhi anggaran tersebut adalah cerita yang berbeda. Jika Anda ingin menggunakan uang untuk hasil maksimal, saran saya adalah belanjalah dengan royal dan berhematlah pada skala berbeda. Investasilah hanya pada barang-barang klasik yang benar-benar Anda suka dan jangan takut membuat tangan Anda kotor," ujar Stanley, seperti dikutip Domaine.

Stanley juga memberikan aturan yang dia sebut dengan "Rule of Three" dalam kegiatan belanja untuk mendekor ulang rumah Anda. Setiap Anda berbelanja dengan royal, pastikan Anda berhemat pada tiga hal lain.

www.houzz.com Anda sudah tahu kapan harus menghemat uang dan kapan Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk barang berkualitas istimewa. Namun, jangan lupa untuk berkreasi, terutama ketika Anda masih membutuhkan tampilan rumah yang lebih segar, sementara anggaran sudah semakin menipis.
Dia bilang, biasanya dia menghabiskan banyak yang untuk sofa cantik, meja kopi unik, atau karpet istimewa. Dia memastikan mengeluarkan uang untuk hal yang tepat.

Selain memberikan "Aturan Tiga" yang berarti Anda boleh membel barang dengan harga cukup mahal, namun berhemat di bidang lain, Stanley juga mendorong Anda mengabaikan tren.

"Cobalah menghindari tren atau berbelanja hanya karena iseng. Berhematlah pada bantal hias, selimut, dan aksesoris. (Tren) barang-barang ini dapat dengan mudah diperbarui dan berganti setiap tahun, setiap musim. Sementara, barang-barang yang lebih besar tidak berubah," ujarnya.

Kini, Anda sudah tahu kapan harus menghemat uang dan kapan Anda perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk barang berkualitas istimewa. Namun, jangan lupa untuk berkreasi, terutama ketika Anda masih membutuhkan tampilan rumah yang lebih segar, sementara anggaran sudah semakin menipis.

Selanjutnya, ubah sendiri warna furnitur di rumah. Beli barang-barang bekas pakai yang murah. Biasanya, barang-barang ini butuh sentuhan tangan Anda. Gunakan kesempatan tersebut untuk membuatnya serasi dengan furnitur lain yang sudah lebih dahulu tersedia di rumah Anda.

Sumber: www.domainehome.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com