Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Mahasiswa, Apartemen Harga Rp 250 sampai Rp 400 Juta Laris Manis!

Kompas.com - 03/02/2014, 17:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bukan rahasia lagi bila pasar mahasiswa saat ini menjadi incaran serius para pengembang. Pasalnya, potensinya sangat menjanjikan. Terbukti dari beberapa pengembangan apartemen yang diperuntukkan bagi mahasiswa, pasarnya terserap secara maksimal.

Apartemen Taman Melati Margonda yang dikembangkan PT Adhi Persada Properti, Margonda Residence milik Grup Cempaka Maju Bersama, Salemba Residence (Adhi Persada Properti), dan Park View (Lippo Karawaci) adalah contoh dari sekian banyak apartemen dengan target mahasiswa yang sukses disambut antusias pasar.

Menyadari besarnya potensi pasar apartemen khusus mahasiswa, PT Adhi Persada Properti menambah empat portofolionya tahun ini. Keempat proyek tersebut adalah Taman Melati Mulyorejo, Surabaya, sebanyak 1.053 unit dengan nilai proyek Rp 378 miliar, Taman Melati Dinoyo, Malang, sebanyak 1.300 unit dengan nilai proyek Rp 190 miliar, Taman Melati Sinduadi, Yogyakarta, sebanyak 850 unit, dan Taman Melati Sardjito, Yogyakarta, sejumlah 640 unit.

Direktur Pengembangan dan Penjualan PT Adhi Persada Properti Pulung Prahasto mengatakan bahwa pihaknya termotivasi memperluas portofolio segmen pasar mahasiswa. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan apartemen khusus mahasiswa ini menunjukkan tren meningkat.

"Terlebih apartemen yang dikembangkan di lingkungan perguruan tinggi negeri (PTN). Hasil studi kami memperlihatkan bahwa membangun apartemen di sekitar PTN memiliki kans lebih besar terserap ketimbang di lingkungan perguruan tinggi swasta (PTS)," jelas Pulung kepada Kompas.com, Senin (3/2/2014).

Lebih lanjut Pulung mengatakan, mahasiswa yang kuliah di PTN berasal dari seluruh Indonesia, sedangkan yang belajar di PTS adalah penduduk lokal. "Tidak seperti dulu. Orangtua yang menyekolahkan anak-anak mereka di PTN dalam beberapa tahun terakhir merupakan kalangan menengah berada. Mereka mampu membeli 2 sampai 3 unit apartemen untuk anaknya dan disewakan," ungkap Pulung.

Tahun pelajaran baru, imbuh Pulung, adalah momentum tepat untuk menjual apartemen khusus mahasiswa. Taman Melati Margonda, Depok, contohnya, seluruh 800 unit terjual habis ketika pendaftaran mahasiswa.

Tak mengherankan jika beberapa produk yang digarap Adhi Persada Properti laris terjual, di mana lebih dari 30 persen di antaranya dibeli untuk tujuan investasi.

"Dengan pencapaian tersebut, kami akan serius menggarap pasar mahasiswa. Proyek di Yogyakarta, Malang, dan Surabaya, mulai dikembangkan tahun ini. Beberapa lainnya mungkin tahun depan, melihat potensi jumlah mahasiswa dan daya beli orangtuanya. Kami mengincar juga Semarang," tandas Pulung.

Keempat apartemen khusus mahasiswa tersebut ditawarkan dengan harga dalam rentang Rp 250 juta hingga Rp 400 juta. Rencananya, pembangunan rampung pada 2015 hingga 2016 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com