Kompas.com - 07/12/2013, 17:26 WIB
Ilustrasi. shutterstock.comIlustrasi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Tahukah Anda, berbagai perilaku sederhana yang biasa dilakukan sehari-hari bisa menentukan besarnya pengeluaran Anda? Lakukan hal-hal berikut ini di rumah dan tekan pengeluaran Anda segera!

Pertama, buatlah kopi Anda sendiri di rumah setiap pagi. Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun segelas espresso, kopi latte, atau caramel macchiato di kedai kopi kesukaan Anda harganya sangat mahal.

Orang Amerika Serikat, rata-rata menghabiskan 1.000 dollar AS (Rp 11,8 juta) setiap tahun untuk kopi yang mereka beli di kedai kopi. Dengan membuat sendiri kopi di rumah, Anda bisa menghemat sekitar Rp 1 juta setiap bulannya.

Kedua, cucilah baju dengan air keran atau air biasa. Mencuci dengan air panas membuat rumah Anda membutuhkan lebih banyak tenaga listrik. Selain lebih murah, mencuci dengan air biasa juga membuat baju Anda lebih awet.

Ketiga, buatlah taman dan bercocoktanamlah di sana! Tanam sayur dan buah yang sering Anda makan di rumah, misalnya tomat, kentang, dan wortel. Setiap sen yang Anda habiskan untuk membeli bibit, Anda akan mendapat produk dengan harga senilai lima kalinya. Menanam tomat, ketimun, dan zucchini sendiri tentu ide yang menarik.

Keempat, ubah pengaturan pendingin ruangan Anda menjadi otomatis. Dengan cara ini, Anda tidak lagi lupa mematikan pendingin udara.

Kelima, rendahkan temperatur pemanas air. Hal ini mampu membuat Anda menghemat biaya listrik setiap bulannya. Cobalah menyetel pemanas air hanya mencapai 48,8 derajat Celcius hingga 54,4 derajat Celcius.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X