Kompas.com - 07/12/2013, 16:57 WIB
Kulkas 300 watt menyala sepanjang hari. Televisi 150 watt menyala antara pukul 17.00-22.00. Artinya, antara pukul 17.00-22.00, meteran listrik akan mengalami beban maksimal dengan jumlah total 750 watt. Jika beban puncak sebesar ini, Anda cukup memilih listrik dengan daya total 900 watt. www.houzz.comKulkas 300 watt menyala sepanjang hari. Televisi 150 watt menyala antara pukul 17.00-22.00. Artinya, antara pukul 17.00-22.00, meteran listrik akan mengalami beban maksimal dengan jumlah total 750 watt. Jika beban puncak sebesar ini, Anda cukup memilih listrik dengan daya total 900 watt.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Berbagai kegiatan yang Anda lakukan di dapur bisa membuat tagihan listrik   menggelembung. Tanpa disadari, berbagai kegiatan tersebut juga dapat menghabiskan uang Anda. Segera sadari dan tekan pengeluaran sekarang juga!

Caranya, pertama, cabut dan matikan semua "vampir elektronik" di dapur Anda. Perhatikan alat-alat elektronik yang sudah Anda padamkan. Jika masih terlihat lampu mungil menyala pada alat-alat elektronik tersebut, berarti dia masih menggunakan aliran listrik. Mesin pembuat kopi dan pemanggang roti (toaster) merupakan "vampir" yang umum di dapur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, hindari penggunaan oven sebagai penghangat makanan karena hanya akan membuang-buang energi. Gunakan oven hanya untuk memasak. Jalankan mode "pembersihan otomatis" hanya seusai memasak menggunakan oven. Saat itu, oven sudah panas dan Anda tidak perlu membuang energi.

Ketiga, naikkan temperatur lemari es. Tentu, dalam batas yang wajar. Selain membuat lemari es tidak bekerja terlalu keras, juga membuat minuman tidak beku dan sulit Anda nikmati. Para ahli menyarankan Anda menggunakan temperatur lemari es secara optimal pada 3,3 derajat Celcius sampai 5,5 derajat Celcius.

Keempat, jika Anda menggunakan dishwasher maka lengkapi tahap pre-rinse dan dry cycle pada mesin tersebut. Keringkan cucian piring secara manual agar lebih hemat energi. Jika cucian piring sangat kotor, cobalah merendamnya terlebih dahulu dalam air. Terakhir, gunakan mesin ini hanya jika cucian sudah banyak.

Kelima, bersihkan dapur hanya dengan produk yang sudah Anda miliki di lemari dapur. Gunakan campuran baking soda dan air untuk membersihkan permukaan meja dapur. Selain murah, solusi ini pun lebih ramah lingkungan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.