Kompas.com - 30/11/2013, 11:04 WIB
Pertama-tama, Fehrentz menganjurkan Anda untuk menyingkirkan dinding di dalam ruangan sebanyak mungkin. Dinding atau sekat membuat ruangan terasa semakin kecil.
www.dwell.comPertama-tama, Fehrentz menganjurkan Anda untuk menyingkirkan dinding di dalam ruangan sebanyak mungkin. Dinding atau sekat membuat ruangan terasa semakin kecil.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Desainer, fotografer, sekaligus penulis asal Jerman, Peter Fehrentz, baru saja menyelesaikan proses renovasi sebuah apartemen di Berlin, Jerman, seluas 60 m2. Seperti dikutip dari www.dwell.com untuk edisi November ini, Fehrentz berhasil mengolaborasikan berbagai teknik menghemat ruang untuk mendekor apartemen tersebut.

Apa yang dilakukan Fehrentz sederhana. Berikut ini tujuh tips simpel dan mendasar dari Fehrentz untuk mengubah tampilan ruang mungil menjadi lebih istimewa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama-tama, Fehrentz menganjurkan Anda untuk menyingkirkan dinding di dalam ruangan sebanyak mungkin. Dinding atau sekat membuat ruangan terasa semakin kecil.

"Sebuah ruang terbuka terasa lebih lega dan ringan," ujarnya pada Dwell.

www.dwell.com Fehrentz juga menganjurkan Anda memilih variasi warna yang saling melengkapi. Jika Anda memilih warna merah, maka gunakan berbagai nuansa merah.
Selanjutnya, Fehrentz juga menganjurkan Anda memilih variasi warna yang saling melengkapi. Jika Anda memilih warna merah, gunakan berbagai nuansa merah.

"Sebagian lainnya lebih berwarna kuning, lainnya warna biru dan merah muda," imbuh Fehrentz.

Menurut dia, warna-warna itu tidak akan saling bertolak belakang.

Trik ketiga, ia menyarankan menggunakan jenis material dalam jumlah terbatas. Lakukan repetisi agar Anda mendapat tampilan yang holistik.

"Pikirkanlah bahwa setiap benda di dalam ruangan sebagai tokoh protagonis di dalam drama, jadi interior Anda tampak seperti gabungan kompleks dari berbagai adegan," imbuh Fehrentz.

www.dwell.com Fehrentz menyarankan Anda untuk tidak takut menggunakan warna gelap dalam ruangan berukuran kecil. Penggunaan yang tepat justeru mampu memberikan efek nyaman dan menenangkan.
Kelima, Fehrentz menyarankan Anda untuk tidak takut menggunakan warna gelap dalam ruangan berukuran kecil. Penggunaan yang tepat justru mampu memberikan efek nyaman dan menenangkan.

Keenam, berinvestasilah pada lemari penyimpanan. Bila perlu, buatlah sendiri lemari tersebut hingga mampu menampung semua benda-benda yang tidak ingin selalu Anda lihat.

Ketujuh, Fehrntz menganjurkan Anda menggunakan pintu geser. Cara ini akan sangat menghemat tempat.

"Pasanglah pintu geser untuk menghemat tempat, dan jika mungkin, gantung pintu tersebut di plafon untuk memberikan rasa luas dalam ruangan," tandas Fehrentz.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.