Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Lega di Apartemen Mungil Seluas 16 Meter Persegi!

Kompas.com - 30/11/2013, 10:42 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Para dekorator di seluruh dunia tampaknya mulai mahir memaksimalkan hunian dengan ukuran sangat terbatas. Freshome memublikasikan sebuah tempat tinggal di Paris, Perancis, yang hanya berukuran 16m2.

Simak hasil karya kolaborasi arsitek Marc Baillargeon dan Julie Nabuchet ini. Di apartemen ini pemiliknya tidak cuma bisa tidur. Dia juga bisa memasak, bekerja, dan menerima tamu seperti penghuni rumah berukuran lebih besar.

Tempat tinggal ini menjadi sangat menarik karena tidak hanya berukuran kecil, tetapi juga mampu memaksimalkan penggunaan ruang dan memiliki akses berlimpah pada cahaya matahari. Anda pun tidak akan menyangka asal mula apartemen mikro ini.

www.freshome.com Area yang lebih tinggi menampung dapur dan kamar mandi. Sementara itu, area lebih rendah digunakan menjadi ruang tamu, ruang kerja, dan kamar tidur di waktu malam. Ruang di bawah area yang lebih tinggi tersebut digunakan untuk menyembunyikan tempat tidur dan
Awalnya, apartemen tersebut adalah bagian dari hunian berukuran lebih besar dan digunakan sebagai kamar mandi utama. Di tangan Baillargeon dan Nabuchet, hunian mungil tersebut dibagi menjadi dua area. Salah satunya dibuat lebih tinggi.

Area yang lebih tinggi menampung dapur dan kamar mandi. Sementara itu, area lebih rendah digunakan menjadi ruang tamu, ruang kerja, dan kamar tidur di waktu malam. Ruang di bawah area yang lebih tinggi tersebut digunakan untuk menyembunyikan tempat tidur dan "disulap" menjadi sofa.

www.freshome.com Baillargeon dan Nabuchet menggunakan warna putih untuk dinding dan plafon, lantai kayu berwarna cukup terang untuk level terbawah dan lantai hitam untuk
Baillargeon dan Nabuchet menggunakan warna putih untuk dinding dan plafon, lantai kayu berwarna cukup terang untuk level terbawah dan lantai hitam untuk "panggung" di atasnya. Mereka juga menggunakan furnitur kayu berwarna sangat terang untuk lemari, meja belajar, meja makan, dan meja kopi. Warna merah dan hitam ikut mewarnai apartemen mungil ini, terutama untuk menghiasi bagian dapur.

Sama seperti ruang utamanya, kamar mandi apartemen ini juga menarik. Baillargeon dan Nabuchet menggunakan pintu kaca geser dengan rel berada di dekat plafon. Lantai kamar mandi dibuat sama dengan lantai dapur. Namun, mereka menggunakan beton ekspos untuk menutup dinding kamar mandi.

www.freshome.com Mereka juga menggunakan furnitur kayu berwarna sangat terang untuk lemari, meja belajar, meja makan, dan meja kopi. Warna merah dan hitam ikut mewarnai apartemen mungil ini, terutama untuk menghiasi bagian dapur.
Sebenarnya, aksen yang digunakan di kamar mandi memang memiliki warna yang lebih gelap. Namun, banyaknya sinar matahari yang bisa masuk ke dalam kamar mandi membuat aksen tersebut tidak tampak muram.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com