Kompas.com - 21/11/2013, 14:10 WIB
The Hertsmere Tower. www.ctbuh.orgThe Hertsmere Tower.
|
EditorHilda B Alexander
LONDON, KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan Dubai, Shanghai, atau bahkan New York, London bakal punya menara apartemen menjulang angkasa. Jika pembangunannya rampung, gedung ini akan menjadi yang tertinggi di Inggris.

Adalah pengembang yang berbasis di Irlandia, Ryan Corp, telah mengakuisisi lahan di Canary Wharf dengan nilai 160 juta dollar AS (Rp 1,8 triliun). Di atas lahan tersebut, mereka berencana membangun apartemen The Hertsmere Tower setinggi 242 meter yang rampung pada 2018 mendatang.

Ryan mendapat izin konsesi pengembangan lahan seluas 1 hektar tersebut dan akan dimanfaatkan untuk proyek mixed use. Nantinya, selain apartemen, di sini akan dibangun juga ruang retail dan perkantoran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami memiliki tanggung jawab untuk membuat bangunan dengan rancangan terbaik di dunia. Kami mengambil kesempatan yang menjanjikan ini untuk generasi yang akan datang sekaligus ikon kota," ujar COO Ryan Corp, Richard Berridge.

The Hertsmere Tower menjulang 6 meter lebih tinggi dari One Canada Square yang saat ini merupakan bangunan paling jangkung di seantero Inggris.

Apartemen The Hertsmere Tower terdiri atas 74 lantai dan merupakan akuisisi situs Canari Wharf pertama Ryan Corp dari serangkaian investasi properti mereka di negara ini.

London sendiri, menurut Savills, merupakan pasar utama properti dunia yang mengalami gelombang kelebihan pasok hunian. Nilainya sudah sangat tinggi dan menarik orang asing untuk membelinya.

Untuk diketahui, dua pertiga dari jumlah empat sampai lima pembeli properti di London adalah orang asing. Ada pun langkah Ryan dan beberapa pengembang, menurut Savills, merupakan langkah terburu-buru untuk menyerap arus deras investasi asing.

Ryan Corp, masih memiliki beberapa rintangan sebelum mereka dapat mulai pembangunan apartemen ini. Meskipun sudah mengantongi izin pengembangan multifungsi, mereka harus meminta persetujuan Dewan Menara Hamlets agar mengizinkan "tukar guling" perumahan eksisting menjadi The Hertsmere Tower.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.