Kompas.com - 11/11/2013, 19:54 WIB

KOMPAS.com - Panjang gorden bisa jadi merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan para pemilik rumah, khususnya rumah baru. Kontributor Houzz.com, Judith Taylor mengaku sering mendapatkan pertanyaan tersebut dari orang-orang yang dikenalnya.

Menurut Taylor, mereka ingin tahu seberapa besar jeda yang harus disediakan antara gorden dengan lantai. Meski tampak sepele, variasi panjang gorden bisa memberikan efek berbeda.

"Seringkali, di dalam desain tidak ada jawaban benar atau salah. Apakah Anda menyukainya, atau tidak. Namun ada beberapa petunjuk untuk membantu Anda menimbang pilihan. Jadi Anda bisa memilih gorden yang tepat," ujar Taylor dalam artikelnya.

Taylor menyediakan beberapa pilihan  panjang gorden yang umum. Dia membaginya menjadi "hovering", "breaking", "brushing", dan "puddling".

"Hovering" atau mengambang berarti Anda menyediakan sedikit ruang antara gorden dengan ubin. Pengaturan ini cocok untuk tampilan kasual. Sisakan saja sekitar satu buku jari antara lantai dan gorden. Cara ini membuat gorden Anda tetap tampak panjang dan menutupi seluruh bagian jendela, namun tidak mengumpulkan debu. Hem atau lipatan di dasar gorden pun tidak cepat kotor.

Pilihan kedua adalah "breaking" atau mematahkan. Gorden jenis ini sedikit "patah" di bagian bawahnya, tidak jauh dari lipatan di dasar gorden (hem) karena berhasil menyentuh lantai, namun tidak sampai menumpuk di lantai.

Pilihan ketiga adalah "brushing". Sama seperti namanya, gorden jenis ini memiliki panjang yang tepat untuk "menyapu" lantai. Gaya ini seringkali digunakan dalam rumah-rumah berkonsep modern karena sederhana namun tampak presisi.

Terakhir, Anda juga bisa membawa nuansa dramatis di dalam rumah dengan membuat gorden tampak menjuntai atau seolah menumpuk di lantai. Gaya ini dinamakan dengan "puddling" oleh Taylor. Gaya ini jauh lebih ekstrem ketimbang "breaking". Gorden yang juga terkesan terlalu besar ini bisa membuat ruangan tampak sangat formal, namun juga bisa membuatnya informal. Tergantung jenis atau bahan gorden. Jika Anda menggunakan sutra pada gorden, sisakan saja beberapa sentimeter untuk memberikan tampilan elegan dan formal.

Tambahkan panjang gorden tebal Anda untuk membawa kesan lebih dramatis. Jika Anda ingin mendekor rumah tua penuh sejarah, cara ini bisa Anda lakukan untuk mempertegas hal tersebut. Namun, cara ini tidak mudah. Anda harus mengatur jatuhnya gorden agar tampak cantik. Selain itu, gorden jenis ini juga sering membuat orang tersandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.