Kompas.com - 05/10/2013, 10:00 WIB
Rumah dengan jendela besar dan banyak bukaan seperti ini terkesan segar dan lapang. www.dailymail.co.ukRumah dengan jendela besar dan banyak bukaan seperti ini terkesan segar dan lapang.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Banyaknya sinar matahari pagi masuk ke dalam rumah, memberikan kesegaran tersendiri. Berbagai kegiatan juga lebih nyaman dilakukan dengan banyaknya jumlah sinar di ruangan tersebut. Sayangnya, tak seluruh bagian dalam rumah bisa terkena paparan sinar matahari.

Ada trik mudah untuk menambah jumlah sinar matahari ke dalam rumah. Anda tidak perlu membobol tembok dan membangun jendela baru. Berikut ini triknya.
 
Pertama, gunakan cermin untuk merefleksikan cahaya. Semakin banyak cermin, kian banyak cahaya terpantul pada dinding. Letakkan cermin menghadap jendela atau pintu kaca untuk memaksimalkan jumlah cahaya di dalam rumah. Selain itu, Anda juga bisa memajang dan menggunakan furnitur berornamen kaca untuk menambah pantulan cahaya.
 
Cara kedua, ganti warna dinding dengan yang lebih terang. Gunakan nuansa "dingin" seperti abu-abu muda, krem, biru muda, atau warna-warna terang lainnya. Warna-warna ini bisa memaksimalkan cahaya alami di dalam ruangan.
 
Ketiga, geser furnitur Anda. Jangan sampai, furnitur tersebut menghalangi sinar matahari yang masuk melalui jendela rumah. Anda juga bisa menggunakan furnitur tembus pandang yang terbuat dari akrilik. Cara ini membuat ruangan tidak tampak penuh dan tidak menghalangi sinar matahari.
 
Keempat, hindari penggunaan gorden berbahan tebal. Jangan gunakan beludru atau kain tebal lainnya yang tidak bisa tertembus sinar matahari. Sebaiknya, gunakan saja kaca film untuk menghindari efek buruk sinar ultra violet tanpa perlu mengurangi kesegaran sinar matahari.
 
Kelima, ganti pintu dengan pintu yang memiliki jendela kaca. Tidak perlu berukuran besar. Jendela kaca mozaik pun mampu memasukkan sinar matahari tanpa mengorbankan privasi keluarga Anda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X