Kompas.com - 25/09/2013, 13:39 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pasar perumahan secara global pada kuartal II 2013, menunjukkan kinerja terbaik sejak "ledakan" tahun 2006/2007.

Demikian hasil survei yang dilakukan Global Property Guide. Mereka menggunakan data yang disesuaikan dengan inflasi sehingga menghasilkan statistik harga rumah yang mengalami peningkatan di 30 pasar dari total 42 pasar yang disurvei.

Berdasarkan survei terbaru statistik harga rumah yang mereka lakukan, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pasar properti Asia. Taiwan mencatat lonjakan harga sebesar 14,5 persen selama triwulan kedua. Disusul Hongkong dengan kenaikan 13,7 persen dan China sebesar 10,69 persen.

Sementara Filipina, mencatat pertumbuhan harga rerata 9,98 persen. Pertumbuhan tersebut terutama terjadi di CBD Makati. Di posisi berikutnya adalah Tokyo, Jepang. Rerata harga penjualan kondominium baru berubah 9,02 persen.

Bagaimana dengan Indonesia? Selama kuartal II tahun ini, harga rumah di Jakarta meningkat 4,76 persen, disusul oleh Delhi, India (4,57 persen), Thailand (3,76 persen), dan Singapura (2,38 persen).

Global Property Guide juga mengungkapkan, 28 pasar perumahan menunjukkan kinerja yang lebih baik pada kuartal kedua tahun ini ketimbang periode yang sama tahun lalu, sementara hanya 14 pasar perumahan menunjukkan penurunan.

Riset tersebut menyimpulkan bahwa ledakan di pasar perumahan dunia sangat kuat dan akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Harga rumah meningkat di banyak negara dengan tren kenaikan kurva secara signifikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.