Kantongi Izin, Google Bangun Markas Besar Rp 11,3 Triliun!

Kompas.com - 10/09/2013, 12:33 WIB
Raksasa internet Google akhirnya mendapat persetujuan dari Camden Borough Council untuk membangun markas baru mereka di Inggris.
worldpropertychannel.comRaksasa internet Google akhirnya mendapat persetujuan dari Camden Borough Council untuk membangun markas baru mereka di Inggris.
|
EditorHilda B Alexander
worldpropertychannel.com Selain membangun perkantoran, mereka juga menawarkan ruang ritel seluas 50.000 kaki persegi. Laiknya kantor Google di AS, di sini juga mereka merancangnya senyaman mungkin.
worldpropertychannel.com Tak hanya itu, terdapat keistimewaan lainnya, yakni ruang parkir sepeda seluas 20.000 kaki persegi, fitur panjat tebing antar lantai, kolam renang, trek lari, bioskop dan taman atap.
KOMPAS.com — Raksasa internet Google akhirnya mendapat persetujuan dari Camden Borough Council untuk membangun markas baru mereka di Inggris.

Kantor pusat yang mereka kembangkan ini merupakan salah satu yang terbesar di luar Googleplex di California, Amerika Serikat. Area tempat kantor pusat Google ini berada merupakan salah satu redevelopment site seluas 27,11 hektar.

Managing Director Google untuk Inggris, Dan Cobley, mengatakan, membangun kantor pusat baru di King's Cross Central sangat baik untuk Google dan London. "Kami berkomitmen untuk Inggris dalam memainkan peran untuk menciptakan regenerasi bersejarah di daerah ini," ujarnya.

Markas baru Google merupakan bangunan setinggi 330 meter, mengalahkan pencakar langit tertinggi di Eropa Barat saat ini, yakni Shard yang menjulang 310 meter. The Telegraph melaporkan, Google harus merogoh kocek sekitar 650 juta poundsterling (Rp 11,3 triliun) untuk merealisasikan gedung futuristik di atas tanah seluas 0,8 hektar tersebut. Sebelumnya, Google juga telah membeli lahan di Paris, dan Dublin.

Selain membangun perkantoran, mereka juga menawarkan ruang ritel seluas 50.000 kaki persegi. Laiknya kantor Google di AS, di sini juga mereka merancangnya senyaman mungkin. Di dalam bangunan seluas 920.000 kaki persegi terdapat fitur-fitur yang mengakomodasi kebutuhan para karyawan. Di dalamnya termasuk ruang bersantap, arena bowling, pusat kebugaran berteknologi tinggi, lengkap dengan staf medisnya.

Tak hanya itu, terdapat keistimewaan lainnya, yakni ruang parkir sepeda seluas 20.000 kaki persegi, fitur panjat tebing antar-lantai, kolam renang, trek lari, bioskop, dan taman atap. 

Allford Hall Monaghan Morris
Allford Hall Monaghan Morris, sang arsitek, menciptakan promenade tiga dimensi yang membungkus semua unsur bangunan. Gedung ini didukung oleh teknologi canggih sebagai representasi satu lingkungan kerja bernuansa abad ke-21 untuk ribuan staf Google.

Pendekatan arsitektur terinspirasi oleh Stasiun Kereta Api International St Pancrass dan King Cross. Hal ini melengkapi warisan industri daerah yang kuat dan bakal menjadi sebuah bangunan yang pantas dibanggakan.

Google akan memulai konstruksinya pada awal tahun depan dan rampung pada tahun 2017. Masuknya Google diharapkan bakal menarik raksasa teknologi lainnya untuk menempati area di King's Cross Central ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X