Kompas.com - 04/09/2013, 15:15 WIB
Setiap menit, ada 30.000 liter air mengalir dan membentuk tower. Struktur ini tampak dan menghilang bergantian terus-menerus. Setiap www.designboom.comSetiap menit, ada 30.000 liter air mengalir dan membentuk tower. Struktur ini tampak dan menghilang bergantian terus-menerus. Setiap "kemunculannya", tower tersebut membawa serta suara gemuruh air yang begitu kencang.
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Dikenal dengan karya-karyanya yang interaktif dan eksperimental, Random International kembali membuat karya monumentalnya di World Heritage Zollverein, sebuah komplek tambang batubara yang menjadi warisan dunia, di Essen, Jerman. Studio yang berasal dari London ini mempublikasikan hasil karya monumental terbarunya berupa menawa shower raksasa.

Karya mereka kali ini disebut sebagai struktur performatif yang dipajang di World Heritage Zollverein. Bahan baku membuat karya unik ini cukup sederhana, hanya air. Itulah yang membuatnya menarik.

www.designboom.com Melalui instalasi yang disebut dengan
Random International memang dikenal selalu mengeksplorasi perilaku dan interaksi berbagai benda. Seringkali, studio ini menggunakan cahaya dan gerakan dalam instalasi mereka. Melalui instalasi yang disebut dengan "Tower: Instant Structure for Schacht XII", studio tersebut tampaknya belum berencana menarik diri dan tetap menghasilkan instalasi-instalasi fenomenal.

Kali ini, Random International mengerjakan proyek instalasi monumental berupa sebuah struktur performatif di Kompleks Industrial Tambang Batubara Zollverein itu. Studio ini menggunakan enam juta meter kubik air untuk "membangun" instalasi luar ruangan tersebut.

www.designboom.com Random International seolah membangun gedung berbentuk monolotik dengan menggunakan pancuran air yang mengeluarkan enam juta meter kubik air. Jumlah tersebut sama dengan jumlah air yang harus dipompa keluar dari tambang setiap tahunnya untuk menjaga integritas struktural seluruh area.
Random International seolah membangun gedung berbentuk monolotik dengan menggunakan pancuran air yang mengeluarkan enam juta meter kubik air. Jumlah tersebut sama dengan jumlah air yang harus dipompa keluar dari tambang setiap tahunnya untuk menjaga integritas struktural seluruh area.

Setiap menit, ada 30.000 liter air mengalir dan membentuk tower. Struktur ini tampak dan menghilang bergantian terus-menerus. Setiap "kemunculannya", tower tersebut membawa serta suara gemuruh air yang begitu kencang.

www.designboom.com Setiap menit, ada 30.000 liter air mengalir dan membentuk tower. Struktur ini tampak dan menghilang bergantian terus-menerus. Setiap
Tower mengeksplorasi kemungkinan menghubungkan ruang industrial pada interaksinya dengan manusia. Random International membawa begitu banyak air sebagai salah satu bagian utama instalasi, kemudian mengaturnya hingga menyerupai bentuk bangunan. Cara ini merupakan salah satu cara Random International menginvestigasi kemungkinan membentuk sebuah struktur dari elemen unik yang hanya tampak seperti kekacauan..

Studio ini mengajak siapa pun yang menyaksikan instalasinya untuk merasakan air di Zeche Zollverein dengan cara yang unik dan intim sembari berbasah-basahan. Bagitulah, "Tower: Instant Structure for Schacht XII" diajukan oleh Urbane Kuenste Ruhr untuk acara Ruhrtriennale 2013. Pengunjung bisa menyaksikan intalasi ini setiap hari mulai pukup 10 pagi hingga satu siang sampai 6 Oktober 2013 mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X