Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Rumah Melingkar, Cocok untuk Pasangan Muda!

Kompas.com - 04/09/2013, 10:26 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arsitek asal Jepang kembali menunjukkan kebolehannya mendesain hunian yang unik dan menarik. Kali ini, Studio Velocity membangun rumah bernama "House in Chiharada" yang berada di Chiharada, Kota Okazaki, Prefektur Aichi, Jepang.  

Miho Iwatsuki dan Kentaro Kunhura, arsitek yang berada di belakang Studio Velocity, membuat
hunian di atas tanah seluas 144,93m2. Hunian tersebut hanya menutupi 55,28m2, namun berhasil memberikan tempat tinggal seluas 110,56m2 bagi pemiliknya.

Sebenarnya, hunian ini merupakan bangunan tambahan dari sebuah rumah utama dua lantai yang berada tidak jauh dari rumah tersebut. Hunian ini diperuntukkan bagi pasangan muda yang baru memulai kehidupannya bersama.

Karena lokasinya yang begitu dekat dengan rumah utama, bentuk melingkar dipilih agar antara satu rumah dengan rumah lainnya tidak perlu saling berpapasan. Masing-masing penghuni rumah bisa menjaga privasinya sendiri. Selain itu, bentuk melingkar ini juga memberi ruang bagi taman dengan berbagai tumbuhan.

Perbedaan mencolok

Sebenarnya, meski tampak mungil dan sederhana dari luar, rumah ini memiliki interior yang cukup bagi sebuah keluarga muda. Rumah ini berisi dua lantai dengan pembagian lantai yang tidak konvensional.

Lantai dasarnya berisi kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, ruang cuci, dan sebuah kamar mandi. Di level ini terdapat jendela-jendela besar. Penghuninya dapat melihat ke luar sekaligus melangkah keluar melalui pintu yang berfungsi ganda sebagai jendela. Sementara lantai dua justeru menjadi ruang utama hunian ini. Di lantai inilah terdapat pintu masuk utama.

Setelah memasuki pintu masuk utama tersebut, penghuni rumah ini kemudian disambut dengan banyaknya sinar matahari di ruang terbuka berplafon tinggi. Ruang terbuka berukuran cukup besar berada di lantai kedua. Ruang ini berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur, ruang makan,
dan tempat penghuni rumah dapat berkumpul bersama.

Di ruangan berkonsep ruang terbuka ini, terdapat empat boks yang "membelah" ruangan tersebut. Masing-masing boks dengan beragam ukuran ini berisi tangga menuju lantai bawah. Masing-masing boks juga memiliki beberapa jendela yang memungkinkan sinar matahari bisa masuk ke dalam area boks hingga lantai dasar.

Ada perbedaan mencolok antara lantai dasar dengan lantai kedua. Lantai kedua yang berfungsi ganda sebagai ruang keluarga terasa lebih luas dengan penggunaan cat dinding berwarna putih. Sementara itu, lantai dasar yang berisi kamar-kamar tidur terasa lebih intim dengan menggunakan kayu sebagai penutup permukaan dindingnya. Area ini terasa lebih hangat dan cocok sebagai tempat beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com