Penderita Asma dan Sensitif Debu, Sebaiknya Perhatikan Tips Ini!

Kompas.com - 31/08/2013, 10:50 WIB
Cara alami meminimalisasi polutan di dalam rumah adalah dengan membersihkan karpet secara berkala. wikihow.comCara alami meminimalisasi polutan di dalam rumah adalah dengan membersihkan karpet secara berkala.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Penderita penyakit asma, alergi, serta mereka yang sensitif terhadap debu, sebaiknya mempertimbangkan penggunaan air purifier atau penyaring udara. Perusahaan penyedia mesin penyaring udara umumnya membanderol mesinnya dengan harga tinggi. Mulai dari harga 100 dollar AS (Rp 1,08 juta) bahkan hingga 1.000 dollar AS (Rp 10,8 juta).

Mesin ini diperlukan karena polusi sudah "menyelusup" bahkan sampai ke dalam rumah. Polusi udara tidak hanya disebabkan oleh asap dari kendaraan bermotor di jalan raya. Debu, jamur, rontokan bulu binatang, serta gas polutan seperti asap rokok, asap obat nyamuk, asap dari masakan, hinga asap kimia dari dalam rumah bahkan lebih berbahaya dari polusi di luar rumah.

Memasang mesin penyaring udara bisa menjadi langkah awal dan cepat membersihkan polutan dari rumah Anda. Sayangnya, mesin tersebut mahal harganya. Sebenarnya, ada alternatif yang relatif lebih murah dan sederhana dengan cara alami.

Mulailah melakukan beberapa hal ini untuk membebaskan interior rumah Anda dari polusi.

Pertama, ganti lantai karpet di rumah dengan ubin. Ubin lebih mudah dibersihkan dan tidak menimbun debu. Pastikan Anda menyapu dan mengepelnya untuk menghindari penumpukan kotoran. Sebaiknya, jangan gunakan sepatu di dalam rumah. Bila Anda tetap ingin menggunakan karpet, gunakanlah area rug yang bisa dicuci.

Kedua, secara berkala bersihkan debu dengan lap fiber mikro atau mesin vakum. Demikian halnya dengan pendingin udara (AC), kipas angin, dan exhaust.

Ketiga, hindari asap di dalam rumah. Karbon monoksida, asap rokok, dan gas radon merupakan polutan dalam ruangan yang paling berbahaya menurut American Lung Association (Asosiasi Paru-paru Amerika). Kurangi penggunaan terapi aroma bakar, dan jangan merokok di dalam rumah. Ingat juga untuk tidak menyalakan kendaraan bermotor di dalam garasi rumah.

Keempat, pastikan udara kotor bergerak keluar dan tidak "terperangkap" di dalam rumah. Gunakan kipas exhaust untuk mengeluarkan udara dari kamar mandi dan dapur.

Jika ingin, Anda juga bisa menanam beberapa tanaman ini untuk membersihkan udara. Salah stau contohnya, lidah buaya (aloe vera). Tanaman ini tidak hanya membersihkan udara, namun bagian dalam tanaman ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati luka terkena benda tajam dan luka bakar ringan. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X