Kompas.com - 23/08/2013, 10:56 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief
KOMPAS.com - Ya, detil lampu tersebut dibuat dengan menggunakan laser, sementara jahitan pada lampu itu menegaskan inspirasi awal lampu gantung tersebut, yaitu teknik pembuatan sepatu tradisional Inggris. Bentuknya tampak apik dengan adanya "bolongan" berbentuk lingkaran berukuran kecil berpola yang menyerupai renda di permukaan tudung lampu.

Namun, keindahan lampu ini justeru semakin tampak ketika lampunya dinyalakan. Cahaya lampu dapat menyelinap melewati bolongan-bolongan mungil pada permukaan tudung lampu (lampshade) dan menampilkan pola.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uniknya, pola bolongan-bolongan tersebut sama persis dengan pola yang digunakan oleh pembuat sepatu tradisional Inggris. Bolongan-bolongan tersebut sebenarnya bisa ditemukan pada sepatu Brogue.

Pada permukaan sepatu, lubang-lubang tersebut berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan air dari sepatu. Kini, lubang-lubang tersebut digunakan untuk menciptakan pola cantik dari cahaya.

"Saya sangat tertarik oleh sejarah broguing dan akarnya yang ada pada kebudayaan Inggris," ujar Daniel Schofield kepada Dezeen.

"Detilnya sangat cantik dan proses pembuatannya menangkap imajinasi saja," tambahnya.

Berbeda dari pengrajin sepatu tradisional, Schofield menggunakan piranti lunak vektor dan perangkat keras canggih untuk mendesain dan membuat Brogue Light. Secara khusus, dia menggunakan corak yang ada pada sepatu-sepatu khas Inggris dan mengadaptasinya pada dimensi lampu.

Sedemikian rupa, Schofield membuat desain tersebut cocok pada dimensi lampu dan mampu dikerjakan menggunakan pemotong laser. Ia juga memanfaatkan rangka plat kuningan CNC dalam proses pembuatan lampu ini.
 

Untuk menambah kemiripan antara lampu ini dan sepatu-sepatu kulit nan elegan, Schofield juga menambahkan pola jahitan menonjol pada setiap tudung lampu gantung tersebut. Lampu gantung ini tersedia dalam satu ukuran, 445mm (diameter) x 235mm (tinggi).
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.