Kompas.com - 22/08/2013, 21:45 WIB
Secara khusus, mesin ini telah diprogram agar mampu membuat meja ini memiliki tiga tingkat ketinggian berbeda. Pemiliknya dapat menggunakan meja ini sembari duduk, maupun berdiri. www.dwell.comSecara khusus, mesin ini telah diprogram agar mampu membuat meja ini memiliki tiga tingkat ketinggian berbeda. Pemiliknya dapat menggunakan meja ini sembari duduk, maupun berdiri.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Seorang pekerja kreatif harus menguras ide-idenya setiap hari. Dia perlu mengabadikan ide tersebut sesaat setelah mendapatkannya. Bila tidak, sang pekerja kreatif berisiko kehilangan ide tersebut. Tanpa adanya penunjang memadai, belum tentu pekerja tersebut mampu mengoptimalkan kemampuannya dan mencapai efisiensi kerja optimal.

Mungkin, para pekerja kreatif ini membutuhkan UpWrite. Produk yang dibuat oleh UpDesk ini diklaim mampu meningkatkan produktivitas para karyawan di kantor. Hal ini seolah menjadi tanggapan dari hasil studi yang dilakukan oleh Gensler beberapa waktu lalu.

Gensler menemukan bahwa hanya satu dari empat pekerja di Amerika Serikat yang bekerja pada lingkungan optimal (Baca: Survei Terbaru: Di Kantor Berkonsep Modern, Kinerja Justru Menurun!).

Sebenarnya, konsep meja kerja bernama UpWrite ini sederhana. Siapapun, termasuk para pekerja kantoran dan pekerja kreatif mampu menuangkan ide mereka sesaat ketika ide tersebut "menghampiri" benak mereka. Pasalnya, permukaan meja ini sama seperti permukaan papan tulis putih (white board). Jika sudah tidak digunakan, coretan yang ada pada permukaan tersebut dapat segera dihapus dengan pembersih kering maupun basah.

Kelebihan meja ini tidak hanya berupa permukaannya yang bisa dicorat-coret dan dihapus dengan mudah. Ketinggian meja ini juga bisa diatur dengan sekali sentuh. Sebuah motor yang mampu mengangkat beban hingga 136kg tertanam pada meja tersebut. Hampir tanpa suara, ketinggian meja tersebut dapat diubah oleh pemiliknya.

www.dwell.com permukaan meja ini sama seperti permukaan papan tulis putih (white board). Jika sudah tidak digunakan, coretan yang ada pada permukaan tersebut dapat segera dihapus dengan pembersih kering maupun basah.
Duduk dan berdiri

Secara khusus, mesin ini telah diprogram agar mampu membuat meja ini memiliki tiga tingkat ketinggian berbeda. Pemiliknya dapat menggunakan meja ini sembari duduk, maupun berdiri. Dengan nada penuh humor, novelis, pengarang cerita pendek, dan jurnalis Amerika Serikat Ernest Hemingway mengungkapkan kegemarannya menulis sembari berdiri.

Menurut Economist, Winston Churchill, Leonardo da Vinci, dan semua orang-orang brilian di Sillicon Valley hingga Skandinavia juga tahu kelebihan bekerja sembari berdiri. Menurut para ilmuwan, seperti dikutip dalam Economist, kombinasi antara berdiri (bahkan berlari) sembari bekerja memiliki beberapa keuntungan.

Dr Emma Wilmot dari Universitas Leicester di Inggris pada 2012 menyimpulkan berdasarkan penelitiannya bahwa orang-orang yang kurang aktif dalam kehidupan sehari-harinya memiliki risiko dua kali lebih banyak mengidap diabetes. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka yang jarang bergerak dalam kesehariaannya dua kali lebih berisiko terkena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Sayangnya, jika Anda ingin sehat dan bekerja dengan menggunakan  meja UpWrite ini, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 1.149 Dolar AS (sekitar Rp12,5 juta) untuk setiap meja.

Sumber: http://www.dwell.com Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.