Tak Sulit Hidup di Rumah Sempit, Ini Buktinya...

Kompas.com - 19/08/2013, 14:39 WIB
Hidup serba praktis dalam lokasi serba terbatas akan sama nyamannya dengan hunian besar. www.houzz.comHidup serba praktis dalam lokasi serba terbatas akan sama nyamannya dengan hunian besar. "Compact living" dengan siasat tertentu seperti penggunaan perabot multifungsi, pemanfaatan cermin dan sinar mentari akan membuat ruang sempit terasa lebih lapang.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Hidup dalam hunian mungil dengan perlengkapan terbatas sebenarnya tidak sulit. Siapa pun yang tinggal di dalamnya seharusnya mempersiapkan diri terlebih dahulu, baik material maupun mental. Jika sudah siap, tinggal di dalam hunian berukuran terbatas bahkan bisa menjadi gaya hidup yang praktis dan cocok di kota-kota besar.
 
Orang asing menyebut cara hidup ini dengan compact living. Hidup serba praktis dalam lokasi serba terbatas. Namun, dengan cara-cara berikut ini, siapa pun bisa hidup nyaman di ruang tersebut.
 
Pertama, mulailah dengan merencanakan ruang yang Anda miliki berkarakter. Contohnya seperti ini, jika memiliki ruang dengan banyak pintu dan jendela, usahakan Anda mengumpulkan berbagai furnitur berdekatan di tengah ruangan. Gunakan sofa-sofa yang memiliki warna atau corak senada untuk menciptakan tampilan kohesif.
 
Kedua, persiapkan tempat-tempat tersembunyi untuk menyimpan barang-barang. Anda bisa menggunakan ruang-ruang "tidak terduga", seperti ruang di dalam sofa, di dalam ottoman, atau di bawah tempat tidur Anda. Daripada menumpuk barang di lantai, Anda juga bisa menggantung barang-barang untuk menambah area pijak di dalam rumah. Misalnya, menggantung sepeda, menempatkan televisi pada dinding, serta memilih lampu gantung ketimbang lampu lantai.
 
Selain itu, permudah cara penyimpanan dengan hanya memilih dan membeli barang-barang berukuran kecil, misalnya komputer jinjing dan pemutar MP3. Hindari membeli barang-barang berukuran besar yang sangat "memakan tempat", seperti komputer personal (PC) dan sistem audio besar. Hal ini juga berlaku di ruang-ruang lain. Misalnya, pilihlah tempat tidur dengan rangka ramping, hilangkan bath tub di kamar mandi, serta pilihlah meja makan berukuran kecil.
 
Ketiga, manfaatkanlah semua sudut dan ruang di dalam rumah, terutama jika Anda masih menyewa rumah. Menyewa rumah berarti Anda tidak bisa melakukan banyak hal seperti membobok atau menambahkan jendela agar ruang tampak lebih besar. Yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan lemari yang "tertanam", atau sudut-sudut rumah untuk berbagai fungsi, seperti untuk ruang kerja.
 
Keempat, mendekorlah dengan tujuan agar rumah Anda terasa lebih lega. Pertama, gunakan perabot tembus pandang. Kedua, pajang kaca di beberapa titik untuk memberi ilusi ruang berukuran luas. Ketiga, pastikan pencahayaan cukup banyak. Bila perlu, optimalkan pencahayaan dari sinar matahari. Keempat, gunakan warna-warna terang untuk dinding dan perabotan Anda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X