Kompas.com - 19/08/2013, 11:33 WIB
Salah satu proyek mixed use building yang dikembangkan Wika Realty di kawasan Cawang, Jakarta Timur yakni The Hive  Tamansari. Dok. Wika RealtySalah satu proyek mixed use building yang dikembangkan Wika Realty di kawasan Cawang, Jakarta Timur yakni The Hive Tamansari.
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Belum habis tahun 2013, anak usaha WIKA, PT Wika Realty, telah mengantongi pengerjaan tiga proyek properti untuk tahun 2014 mendatang.

Menurut Budi Sadewa Dewo, Direktur Utama Wika Realty, kontrak proyek itu terdiri atas dua proyek pembangunan gedung perkantoran dan satu apartemen. Ia memperkirakan, total nilai ketiga proyek tersebut mencapai Rp 700 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya, pengembang pelat merah ini akan mengandalkan kas internal, pinjaman bank, serta hasil penjualan perusahaan sebagai sumber pendanaan proyek-proyek tersebut. Porsinya, sekitar 30 persen dari kas dan pinjaman bank, sedangkan 70 persen dari penjualan.

Salah satu gedung perkantoran yang akan akan dibangun berlokasi di samping gedung WIKA di Cawang, Jakarta Timur. Gedung ini nantinya dibangun setinggi 16 lantai.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, pihaknya bakal bekerja sama dengan PT Bina Marga untuk menggarap proyek tersebut. Bina Marga bertindak sebagai penyedia lahan dengan luas 8.000 meter persegi. Sementara, WIKA memiliki kewajiban sebagai kontraktor proyek.

Proyek perkantoran berikutnya akan dibangun di koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan. Gedung ini juga akan memiliki 16 lantai. Dalam mengerjakan proyek ini, mereka juga menggandeng mitra kerja, yakni PT Logistik Caraka.

Adapun, proyek apartemen, rencananya akan berdiri di kawasan Bintaro. Apartemen yang bentuknya menyerupai huruf U tersebut hanya akan dibangun satu menara. "Karena bentuknya menyerupai huruf U maka jumlah unit lebih banyak," kata Budi.

Meskipun hanya satu menara, tetapi jumlah unit mencapai 580 unit. Hadirnya proyek-proyek tersebut tidak membuat WIKA berpangku tangan. Perusahaan itu tetap berupaya mengeruk fulus dari proyek-proyek properti lain melalui sejumlah tender.

Budi optimistis, tahun depan, performa Wika Realty bisa lebih baik ketimbang tahun ini. Targetnya, kontrak baru Wika Realty tahun depan bisa mencapai Rp 1,8 triliun. Sedangkan nilai kontrak lanjutan (carry over) sebesar Rp 1,4 triliun.

Siap IPO tahun 2015

Halaman:


Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.