Kompas.com - 10/08/2013, 10:25 WIB
Tingkat hunian apartemen selama cuti bersama Idul Fitri 2013 anjlok lebih dari 50 persen. sentra timur residenceTingkat hunian apartemen selama cuti bersama Idul Fitri 2013 anjlok lebih dari 50 persen.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com — Selama kurun waktu cuti bersama Idul Fitri 2013, pengelola apartemen mencatat terjadi penurunan tingkat hunian. Penurunan tersebut sangat signifikan yakni lebih dari lima puluh (50) persen.

Sentra Timur Residence yang berlokasi di Pulo Gebang, Jakarta Timur, contohnya. Apartemen yang dikembangkan secara kolaboratif oleh Perum Perumnas dan Bakrieland Development ini ditinggalkan penghuninya sebanyak 55,45 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Marketing dan Promotion Manager Sentra Timur Residence, Adrian J Fatkoer, dari data yang dilaporkan Badan Pengelola KSO Sentra Timur Residence, penghuni yang mendiami  apartemen saat ini hanya tersisa 30 persen dari total 940 unit apartemen terhuni. Sementara jumlah unit yang sudah diserahterimakan sebanyak 1.100 unit dari total 1.327 unit terbangun.

"Anjloknya tingkat hunian ini sudah terjadi sejak cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2011 silam. Atau tepat setahun setelah tiga bangunan pertama beroperasi. Para penghuni ini menghabiskan masa liburan di kampung halaman. Mayoritas ke kota-kota di Jawa Tengah dan Timur," jelas Adrian kepada Kompas.com, di Jakarta, Sabtu (10/8/2013).

Para penghuni apartemen, lanjut Adrian, merupakan keluarga atau pasangan muda yang baru menikah. Seiring dengan habisnya masa liburan, biasanya mereka berangsur-angsur kembali menjalani aktivitasnya sehari-hari.

"Hari Sabtu ini dan Minggu besok, biasanya secara bertahap mereka akan kembali. Sama ketika sebelum kepergian, saat kedatangan nanti pun, mereka melapor kepada Badan Pengelola. Hal ini dilakukan demi tertib administrasi serta keamanan dan kenyamanan seluruh penghuni. Kalau ada penghuni "baru" yang bukan pemilik apartemen, pasti sudah kami ketahui sejak dini," imbuh Adrian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.