Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Grafiti Dunia Disulap Jadi Apartemen

Kompas.com - 29/07/2013, 10:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


KOMPAS.com - Penggemar seni mural di seluruh penjuru dunia bakal kehilangan surganya, 5 Pointz Aerosol Art Center, Long Island, New York. Pasalnya, Presiden Queens
Borough, Helen Marshall telah menyetujui rencana pengembang David Wolkoff untuk membangun dua kompleks apartemen di situs grafiti paling tenar itu.

Sepasang apartemen dengan ketinggian 41 dan 47 lantai tersebut akan menggantikan eksistensi 5 Pointz. Rancangan baru atas situs tersebut meliputi 1.000 unit unit apartemen yang dilengkapi ruang terbuka publik seluas 1.900 meter persegi, ruang komersial ritel (2.300 meter persegi), dan 2.800 meter persegi untuk ruang terbuka hijau (taman).

Fasilitas yang bakal disediakan adalah kolam renang dalam ruang, gym, sebuah galeri seni dan   dinding mural setinggi 61 meter untuk mengapresiasi situs "warisan grafiti".

Proposal David Wolkoff ini sempat ditolak Dewan Masyarakat New York. Pasalnya, 5 Pointz merupakan ruang ekspresi yang dimanfaatkan secara murah dan mudah oleh publik. 5 Pointz yang awalnya merupakan kompleks pergudangan kumuh itu menjadi lebih berwarna sejak didapuk sebagai "graffitti mecca" oleh beberapa seniman mural dunia.

Atas desakan dan masukan dari masyarakat setempat, pengembang kemudian merevisi rancangannya. Termasuk 75 unit apartemen dengan harga terjangkau dan mengalokasikan 930 meter persegi untuk ruang studio seni.

5Pointz Aerosol Art Center, adalah ruang pamer seni terbuka. Tempat ini merupakan surganya seni grafiti, di mana seniman aerosol dari seluruh dunia menyumbang karya "cat warna-warni" di sebidang dinding pabrik (di kawasan industri seluas 200 ribu kaki persegi).

Nama 5Pointz menandakan lima wilayah yang disatukan oleh kesamaan kepentingan yakni karya seni aerosol. Karena reputasinya sebagai pusat seni grafiti terkemuka, menyatukan berbagai seniman grafiti di seluruh dunia. Seniman-seniman legendaris asal Kanada, Swiss, Belanda, Jepang, Brasil, dan di seluruh Amerika Serikat telah melukis dinding-dinding bangunan, termasuk Stay High 149, 168 Tracy, Cope2, Part, dan Tats Cru.

Selama satu dekade terakhir, kawasan pergudangan ini telah menarik beberapa pekerja seni beraliran hip-hop dan R & B, termasuk Doug E. Segar, Kurtis Blow, Grandmaster Kaz, Mobb Deep Rahzel, DJ JS-1, Boot Camp Clik, Joan Jett , dan Joss Stone.

Pada hari tertentu, pengunjung 5Pointz dapat bertemu dengan seniman terkemuka, musisi, DJ, rapper (rapper), dan B-boys (penari istirahat). Selain mereka, ada juga pembuat film, fotografer, dan pengagum graffitti dari seluruh dunia yang disuguhi pemandangan lebih dari 350 mural technicolor.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com