Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AKR Land Anggarkan Rp 250 Miliar di Grand Kawanua International City

Kompas.com - 02/07/2013, 17:43 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


MANADO, KOMPAS.com-
AKR Land Development, tahun ini menginvestasikan dana senilai Rp 250 miliar untuk pengembangan Grand Kawanua International City (GKIC) di Manado, Sulawesi Utara. Proyek ini merupakan perumahan skala kota dan terbesar dari empat portofolio milik pengembang ini.

Managing Director AKR Land Development, Widijanto, mengatakan dana sejumlah itu dialokasikan untuk pengembangan sub-sub project seperti pembangunan klaster baru,  penyelesaian kapel pernikahan, Grand Kawanua Citywalk, Grand Kawanua Golf Course 18 holes, kolam renang, club house, pematangan infrastruktur, perbaikan dan perawatan fasilitas kompleks secara keseluruhan.

"Grand Kawanua International City sangat luas, sekitar 180 hektar. Jadi, pengembangannya berkelanjutan hingga sepuluh tahun mendatang. Dan kami tengah berkonsentrasi mengejar target beberapa fasilitas yang dibuka tahun ini atau pun tahun depan," ujar Widijanto kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2013).

Saat ini, AKR Land tengah memasarkan New Royal Golf View dengan total rumah 200 unit. Mereka mematok harga jual senilai Rp 800 juta per unit. Klaster baru ini melengkapi klaster sebelumnya yakni Bukit Kawanua. Selain itu, mereka tengah menyelesaikan pembangunan gedung Coral Triangle Initiaitve (CTI), ruko dan pusat komersial Grand Kawanua Citywalk yang rencananya rampung akhir tahun 2013.

"Kami terus bekerja dengan intensitas tinggi menuntaskan sub-sub proyek tersebut. Permintaan pasar menguat, klaster Bukit Kawanua terjual habis, jadi kami harus mulai melahirkan produk baru lagi," tandas Widijanto.

Dilansirnya klaster baru New Royal Golf View seiring dengan tingkat penjualan maksimal dan kenaikan harga. Kendati produk lainnya seperti ruko juga mengalami pertumbuhan harga, besarannya bervariasi. Mulai dari 15 persen hingga 20 persen dan 25 persen per tahun pada produk tertentu.

Dari seluas 180 hektar, AKR Land baru mengembangkan 25 persen GKIC. Properti eksisting yang telah beroperasi antara lain Novotel Manado Golf & Resort dengan Convention Center yang terbesar di Indonesia Timur. Ke depan, mereka akan mendirikan rumah sakit dan sekolah bertaraf internasional, taman air, dan mal tahap 2.
 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com