Trapesium Warna Warni Ini Bukan Pusat Belanja!

Kompas.com - 13/06/2013, 11:41 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com -
Arsitektur memang mempengaruhi lingkungan. Salah satu karya arsitektur yang mempercantik lingkungan adalah Sekolah Menegah Atas dan gimnasium "Jean Lurçat" di Saint-Denis, tidak jauh dari Paris, Perancis.

Pembangunannya dimulai 2009 dan rampung 2013. Program pembangunan meliputi ruang pembelajaran ilmiah dan teknik, tempat makan, asrama, gimnasium, dan akomodasi staf pengajar. Sekolah karya Mikou Studio ini unik lantaran memiliki berbagai warna dan volume yang sangat besar. Bentuk sekolah ini juga layak disimak.

www.designboom.com Tidak sekadar sarana belajar, sekolah yang terbuat dari lima volume trapesium ini juga menjadi pusat aktivitas para murid. Dari satu gedung ke gedung lainnya, para murid akan melewati area penyambung yang terbuat dari kaca. Tentu saja, kaca-kaca ini mampu menjadi akses terbuka untuk cahaya matahari.

Tidak sekadar sarana belajar, sekolah yang terbuat dari lima volume trapesium ini juga menjadi pusat aktivitas para murid. Dari satu gedung ke gedung lainnya, para murid akan melewati area penyambung yang terbuat dari kaca. Tentu saja, kaca-kaca ini mampu menjadi akses terbuka untuk cahaya matahari.

Ketika beraktivitas, para murid "dilindungi"? permukaan kaca, panel baja, serta stainless steel bergelombang. Di beberapa permukaan dinding, stainless steel yang "menyelimuti" sekolah sengaja dibuat berlubang.

www.designboom.com Sekolah ini sarat bukaan, memungkinkan para murid dapat mengakses pemandangan ke segala penjuru. Terdapat ruangan yang berfungsi sebagai teras. Tiang-tiang penyangganya terbuat dari baja setinggi 8,5 meter.

Pada musim panas, atap berbentuk unik yang menutupi beberapa teras mampu melindungi teras tersebut dari kondisi "overheating" atau terlalu panas. Ia juga menciptakan iklim mikro di dekat taman.

Bagian lobi sepenuhnya dikelilingi dinding kaca bening. Ruangan tersebut langsung menghadap ke taman bermain dan halaman. Penopang yang menyangga ruangan ini setinggi 8,5 meter. Anda juga dapat melihat tangga yang tampak menggantung. Ia menghubungkan lobi dengan perpustakaan di level atas.

www.designboom.com Interior bangunan ini dibuat sederhana, namun fungsional. Felice Varini, desainer yang mengatur estetika sekolah ini, memberikan sentuhan artistik yang terbuat dari beton sederhana dan kayu pada tangga utama sekolah ini.

Interior bangunan ini dibuat sederhana, namun fungsional. Felice Varini, desainer yang mengatur estetika sekolah ini, memberikan sentuhan artistik yang terbuat dari beton sederhana dan kayu pada tangga utama sekolah ini.

www.designboom.com Kompleks yang khusus diperuntukan sebagai tempat belajar dan bermain sengaja dipisahkan. Selain bangunan sekolah, kompleks ini juga memiliki blok yang berdiri sendiri. Bangunan

Kompleks yang khusus diperuntukan sebagai tempat belajar dan bermain sengaja dipisahkan. Selain bangunan sekolah, kompleks ini juga memiliki blok yang berdiri sendiri. Bangunan "mandiri" tersebut berupa sebuah gimnasium. Seluruh fasilitas ini seluas 12.000m2. ?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.