Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja Tanpa Gangguan dalam "Telur" Mengapung

Kompas.com - 13/06/2013, 11:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Salah satu faktor yang mampu mempengaruhi produktivitas dalam bekerja adalah kenyamanan. Minimnya gangguan dari sekeliling tentu dapat membuat seseorang lebih fokus dan bekerja baik. Kenyamanan dan minimnya gangguan dapat ditemukan di Exburry Egg, ruang kerja berbentuk telur yang mengapung di atas sungai.

Exburry Egg merupakan hasil kolaborasi antara PAD Studio, SPUD Group, dan seniman Stephen Turner. Tempat kerja berbentuk telur ini ditempatkan di Sungai Beaulieu, Inggris. Ia secara khusus dirancang sebagai tempat tinggal dan laboratorium untuk mempelajari kehidupan dalam pasang-surut sungai.

www.designboom.com Material yang digunakan sarat kandungan lokal. Telur mengapung ini juga ramah lingkungan, karena menggunakan panel solar untuk mendukung kerja yang membutuhkan energi listrik.
Struktur "Rumah Telur" bernama Exburry Egg dibuat dengan teknik pembuatan perahu. Bahan-bahan yang digunakan berasal dari bahan-bahan lokal.

Di dalam struktur unik ini terdapat sebuah tempat tidur, meja, kompor kecil, dan kamar mandi mungil. Peneliti dapat memanfaatkan "telur" ini untuk mengamati 730 gelombang di bawah air selama 365 hari dengan berbagai cuaca berbeda.

www.designboom.com Di dalam struktur unik ini terdapat sebuah tempat tidur, meja, kompor kecil, dan kamar mandi mungil.

Meski dibangun dengan teknik pembuatan perahu, telur ini tidak akan berlayar. Ia akan ditambatkan pada sisi sungai. Stephen Turner, sang seniman pembuat "telur" ini, tertarik mengeksplorasi hubungan antara manusia dengan alam. Karena itu, ia menciptakan desain yang terinspirasi oleh siklus alam lokal serta proses dan hubungan lingkungan sekitar.

www.designboom.com

"Telur" ini mengadopsi budaya ramah lingkungan serta daur ulang. Namun, ia tetap membutuhkan teknologi agar dapat dimanfaatkan dengan sempurna. Oleh karena itu, "telur" tersebut dilengkapi juga dengan panel solar agar laptop, kamera digital, dan telepon genggam dapat terus beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com